DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

CAPACITY BUILDING DISDUKCAPIL KOTA SEMARANG

Ditulis pada 20 Maret 2018 Print Friendly and PDF

CAPACITY BUILDING DISDUKCAPIL KOTA SEMARANG

Kabupaten Ungaran, 16 Maret - 17 Maret 2018


Bapak Drs. Adi Tri Hananto selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang memberikan sambutan dan arahan kepada peserta Capasity Building Disdukcapil Kota Semarang untuk menyemangati seluruh jajaran dan meningkatkan budaya kerja yang lebih baik. 

di malam pertemuan pertama diisi Materi oleh Inspektorat Kota Semarang dengan tema integritas Pelayanan Publik 

dan Materi ke dua diisi oleh Dr. Martuti, MM selaku Widyaiswara Budaya Kerja di Disdukcapil Kota Semarang



Capacity Building atau pengembangan pegawai adalah kegiatan pembelajaran bagi pegawai yang dilakukan oleh sebuah perusahaan/instansi yang dirangkai melalui aktifitas- aktifitas yang menarik. Biasanya manajemen kantor telah merencanakan kegiatan Capacity Building ini untuk rutin dilakukan setiap satu tahun sekali yang dikemas dalam kegiatan outbond atau family gathering.

Tujuan utama dilaksanakannya program ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kinerja dan menguatkan kerjasama tim. Selain itu juga agar para pegawai yang terlibat bisa mengeksplorasi alam dan berinteraksi lebih akrab dengan rekan-rekan kerjanya, serta bersosialisasi terhadap lingkungan yang baru. Ibarat komputer, Capacity Building adalah Disk Clean Up yang selain berfungsi membersihkan pikiran-pikiran negatif juga berfungsi menambah kapasitas.

Capacity Building umumnya dilaksanakan di alam terbuka dalam rangka melatih fisik, mental dan disiplin untuk dapat mengahadapi berbagai rintangan masalah dan dilatih untuk mencari solusinya bersama-sama agar bisa bekerjasama dalam sebuah kelompok(team work).


Yang menjadi fokus dalam kegiatan ini adalah tumbuhnya kerjasama tim yang baik dan bisa di terapkan di kantor. Peserta diharapkan untuk bisa bekerjasama di dalam team dan memupuk rasa solidaritas yang tinggi sesama pegawai dan aplikasinya di dalam pekerjaan dan tidak mementingkan diri sendiri. Capacity Building akan membentuk suatu pribadi yang mandiri, tegar, rasa solidaritas yang tinggi sesama rekan dan kerjasama yang baik sehingga suatu target akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan secara kompak dan terarah.

Sambil menikmati udara segar alam yang masih asri dan merefresh fikiran agar terhindar dari penyakit-penyakit. Selamat beraktifitas.