DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • Pengurusan Akta Kelahiran GRATIS TANPA BIAYA!
  • Tidak ada biaya pengurusan E-KTP!

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

bambang (2015-07-20 12:08:12)

YTH..staf kependudukan kota semarang

Saya asli semarang .saya mau tanya cara dan syarat untuk ligalisir foto copy ktp.kartu keluarga.akta kelahiran untuk keperluan untuk melengkapi syarat acara pernikahan di luar kota ( surakarta ).ligalisir sampai tingkat kota semarang ligalisir nya sampai tingkat kecamatan atau bagaimana ?.karna ligalisir foto copy ktp.kartu keluarga .akta kelahiran calon mempelai wanita di haruskan sampai tingkat kabupaten sukoharjo solo untuk melengkapi berkas syarat acara pernikahan,terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Legalisir KTP, KK dan akta kelahiran dengan cara datang langsung ke Disdukcapil Kota Semarang dengan membawa aslinya.

suwarsono hadi (2015-07-20 06:46:36)

Yth dispendukcapil semarang, maaf saya mau bertanya, anak saya lahir di sukoharjo dan sekarang saya sudah pindah di semarang. Akte kelahirannya hilang, bagaimana cara mengurusnya? Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pengurusan penerbitan kutipan akta kelahiran langsung di Disdukcapil dimana akta kelahiran tersebut diterbitkan.

Purnomo (2015-07-15 18:31:50)

selamat malam Bpk/ ibu.
saya ingin bertanya.. jika e-KTP kita hilang ..apakah bisa di ganti dengan e- KTP juga atau hanya di ganti dengan KTP biasa.
dan berkebetulan saya seorang mahasiswa di jogja..
dan e-KTP saya hilang duli jogja.. bisakah saya mengurusnya di capil Jogja tanpa harus pulang ke kampung halaman saya.

atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KTP-el yang hilang harus segera dilaporkan ke Kepolisian guna mendapatkan Surat Kehilangan, untuk kemudian mengurus ditempat dimana KTP-el diterbitkan.

ulil abidin (2015-07-14 09:47:39)

asslmlkm...pak saya ada masalah mngenai nik & tanggal lahir di ektp yg tidak sesuai dengan dokumen lainya (yang resmi),sy sdh dtng ke dinas kependudukan & catatan sipil setempat,tapi petugas bilang klo nik yg sdh ada di ektp tdk bisa diubah sama skali,malah mnawarkan untuk merubah semua dokumen yang asli sesuai dengan nik di ektp,sdngkan setau saya ijazah itu tdk bisa diubah dan bukannya nik itu harus sesuai dengan tgl lahir?....apakah ada solusi mngenai masalahku ini...?...mohon balasannya...!

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Sesuai dengan UU No.23 Tahun 2006 bahwa NIK berlaku seumur hidup dan selamanya (tidak bisa berubah). Untuk tanggal lahir tetap bisa dirubah sesuai dokumen yang dimiliki

Dhina Amalia (2015-07-13 22:02:21)

Saya mau bertanya, apakah akta kelahiran anak dibuatnya di tempat anak dilahirkan atau berdasarkan kk orangtua. KK saya dan suami di mranggen demak sedangkan anak berencana lahir di RS semarang. Jadi dimanakah nanti saya harus mengurus pembuatan akta dan syarat2xnya...terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pelaporan kelahiran sesuai dengan UU No.24 tahun 2013 bahwa penerbitan akta kelahiran menggunakan asas domisili yaitu domisili ibu, jadi saudara dapat mengurus akta kelahiran anak di Disdukcapil Kabupaten Demak.

anjar TL (2015-07-13 11:30:55)

Selamat pagi Pak/Bu ...
Mau numpang tanya mohon ijin bapak/ibu .. kebetulan pada tanggal 8 Juli 2015 kemarin, anak kedua saya lahir .. gimana syarat-syarat untuk membuat AKTA KELAHIRAN anak saya .. karena ini juga berhubungan dengan KARTU KELUARGA (KK), maka yang harus saya lakukan harus mengurus KK dulu atau Akte Kelahiran anak... minta tolong bisa dijelaskan prosedurnya .. dan batas waktu untuk mengurusnya sampai kapan...juga apabila terlambat kena denda berapa.. terimakasih sebelumnya atas jawabannya bapak/ibu ... Suwun.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Untuk proses pembuatan Akta Kelahiran, data anak harus dimasukkan dulu di KK. ->> Persyaratan mengurus KK : 1. Fotokopi Surat Nikah orangtua. 2. Fotokopi Surat Keterangan Kelahiran anak dari Dokter/RS/Bidan. 3. Surat Pelaporan Kelahiran dari Kelurahan. 4. Mengisi formulir Biodata dan Permohonan KK di Kelurahan. ->> Persyaratan untuk pembuatan Akta Kelahiran : 1.Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2.Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 3.Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 4.Fotokopi KK dan KTP orangtua. 5.Fotokopi akta kelahiran anak pertama. 6.Mengisi formulir di Dinas. Untuk pembuatan akta kelahiran tidak lebih dari 60 hari kerja sejak tanggal lahir anak tidak dikenakan biaya (GRATIS). Biaya keterlambatan pelaporan akta kelahiran : 1. Usia 61 hari s/d 5 tahun : Rp. 50.000,- 2. Usia 5 tahun lebih : Rp. 100.000,-

Ratna Wijayanti (2015-07-13 08:59:13)

saya mau tanya, tentang pembuatan KK baru, saya sendiri berasal dari Ungaran Kab. Semarang, mau pindah dan membuat KK mengikuti suami yang alamatnya berada di daerah Gunung Pati, syarat nya yang akan di bawa ke Kota apa saja ya ?
sebelumnya terimakasih atas informasi yang diberikan

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Untuk penduduk dari luarkota yang akan mengurus KK dan KTP di Kota Semarang harus melampirkan : 1. Surat Keterangan Pindah Asli dari daerah asal. 2. Fotokopi akta kelahiran. 3. Fotokopi surat nikah/cerai (bagi yang memiliki). Dilaporkan ke RT/RW dan Kelurahan kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan sesuai alamat tujuan. Tidak dikenakan biaya apabila tidak terlambat pelaporannya. Keterlambatan pelaporan yaitu lebih dari 30 hari sejak tanggal cetak Surat Keterangan Pindah dikenai denda administrasi Rp. 50.000,- (limapuluh ribu rupiah).

andika wishnu setyaji (2015-07-12 12:37:50)

Selamat siang,

mau tanya pengururusan akta kelahiran..KK saya Kota Semarang tetapi anak saya lahir di pemalang
Apakah akta kelahiran di terbitkan di Semarang atau Pemalang?Jika di Semarang, syarat apa sajakah yang harus dibawa saat mendaftar?
Anak saya sudah memilki surat kelahiran dari rumah sakit umum di Pemalang tempat kelahirannya.

terima kasih atas informasinya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pelaporan kelahiran sesuai dengan UU No.24 tahun 2013 bahwa penerbitan akta kelahiran menggunakan asas domisili yaitu domisili ibu, jadi saudara dapat mengurus akta kelahiran anak di Disdukcapil sesuai domisili ibunya (sesuai KK dan KTP). Persyaratan pengurusan akta kelahiran : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Fotokopi KK dan KTP orangtua. 5. Mengisi formulir di Dinas.

sigit setyo jatmiko (2015-07-10 07:19:45)

istri saya sudah perekaman e-ktp di kota salatiga (sebelum perekaman massal di Kota Semarang), kemudian pindah ke kota semarang dan memperoleh KTP manual. Pada saat perekaman massal di Kota Semarang, istri saya tidak memperoleh surat undangan perekaman. Sampai saat ini KTP istri saya masih manual. Bagaimana caranya untuk mengganti KTP manual istri saya menjadi E-KTP Kota Semarang dan apakah perlu melakukan perekaman E-KTP lagi di Kota Semarang. Terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Penggantian KTP lama bisa dliakukan dengan mengisi formulir di Kelurahan dilampiri KTP asli dan fotokopi KK kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

Gandes Anityo N (2015-07-07 10:54:20)

Mau tanya dong,kan ektp saya rusak,saya sudah melihat berbagai jawaban yg ada disini lalu ada tulisan mengisi formulir di Kelurahan dilampiri KK lalu didaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili. jadi kalau misalnya saya tinggal di kecamatan candisari saya tidak perlu datang ke disdukcapil yg di kanguru ya? Tidak perlu menyertakan surat pengantar dari RT/RW lagi juga atau bagaimana? Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara tidak perlu datang ke Disdukcapil di Kanguru, cukup didaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili. Untuk mendapatkan formulir di Kelurahan tetap memerlukan surat pengantar RT/RW.

Ika (2015-07-05 04:32:59)

Saya mau tanya tentang akta kelahiran anak saya sekarang sudah berusia 1 tahun, apakah harus dengan penetapan pengadilan atau tidak? berapa denda yg harus saya bayar?
Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Penerbitan akta kelahiran anak usia 1 tahun tidak memerlukan penetapan pengadilan. Dikenakan denda administrasi Rp. 100.000,-

khoirul atikah (2015-07-05 01:21:37)

Assalamu'alaikum..
Pak, ktp elektronik saya hilang.. apakah saya bisa mencetak lagi sesuai dengan data e- ktp saya yg lama..
Seperti
Nik , nama, alamat, dll sama persis dg data saya yg dulu..
Mohon pencerahannya pak
Kalo semisal bisa, lalu apa saja syarat yg hrus di penuhi.
Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KTP-el yang hilang harus dilaporkan ke Kepolisian untuk mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan yang digunakan sebagai lampiran dan mengisi formulir di Kelurahan kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

Imantoro (2015-07-02 20:44:15)

Selamat malam,
Saya bermaksud menanyakan syarat dan prosedur perpanjangan E-KTP karena ktp saya akan habis bulan ini (JULI 2015).
Atas informasi dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Penggantian KTP lama menjadi KTP-el bisa dliakukan dengan mengisi formulir di Kelurahan dilampiri KTP asli dan fotokopi KK kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili dengan catatan sudah melakukan perekaman data KTP-el terlebih dahulu.

deny purnama aji (2015-07-02 19:55:32)

Dengan hormat
Pak saya mau membuat akta kelahiran anak. Tapi terkendala saya dan istri tidak memiliki e ktp.(hanya ktp biasa). Padahal sebelum nikah saya dan istri sudah mempunyai e ktp. Karna itu kami lalu mengurus ektp tapi ada kendala di kecamatan Tembalang pembuatan e ktp sedang trouble. Dan saya sudah menunggu 3 bulan ektp blm jadi. Yang saya mau tanyakan apakah nanti kami kena denda atau tidak karna mengingat keterlambatan ini bukan kelalaian kami.?
Trimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara bisa minta diterbitkan Surat Keterangan sudah melakukan perekaman KTP-el di TPDK Kecamatan Tembalang, kemudian Surat Keterangan tersebut dapat digunakan sebagai lampiran pada saat membuat akta kelahiran anak.

tjatur (2015-05-27 11:25:06)

Saya mau tanya tentang akta kelahiran anak. Saya bertempat tinggal di ungaran. anak saya mempunyai akte kelahiran di ungaran juga. misalnya suatu saat saya pindah tempat ke luar kota, kemudian terjadi kehilangan akte kelahiran anak saya. Apakah saya harus mengurus akte kelahiran anak saya tetap di ungaran atau di luar kota tempat tinggal saya yang baru?
terima kasih...

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pengurusan penerbitan kutipan akta kelahiran langsung di Disdukcapil dimana akta kelahiran tersebut diterbitkan. Apabila akta kelahiran anak saudara hilang/rusak maka pengurusan penerbitan kutipan dilakukan ditempat akta kelahiran tersebut diterbitkan.

fatimah (2015-05-26 08:10:45)

pak mau nanya, kn dompet adik saya hilang otomatis surat2 smua hilang dia d cikarang sdh minta surat kehlangan d kntor polisi cikarang..

nahh yng mau sya tnyakan
klo bkin e ktp hilang.. apa saya (kakaknya ) bisa bntu buatin dr kmpung? apa hrus adik saya..
apa hrs foto lagi.. semisal pnya file foto bisa ato tdk..
trimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KTP-el yang hilang harus dilaporkan ke Kepolisian guna mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan, apabila adik saudara sudah melakukan perekaman data maka pengurusan penerbitan KTP-el bisa diwakilkan.

siti mukaromah (2015-05-25 21:34:59)

Maaf mau tanya,akte anak saya hilang,tp yg ada cuman fotokopiannya saja,bagaimana prosedur/syarat untuk mengurus akte baru untuk anak saya?langsung ke kantor dispendukcapil semarang atau kmn? Mohon bantuannya.. Trims

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pengurusan penerbitan kutipan akta kelahiran langsung di Disdukcapil dimana akta kelahiran tersebut diterbitkan. Persyaratan Pengurusan akte kelahiran yang hilang : - Asli Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian. - Fotokopi akta kelahiran yang hilang. - Fotokopi KTP dan KK orangtua (bagi yang masih dibawah umur). - Fotokopi KTP dan KK yang bersangkutan. - Fotokopi akta nikah orangtua.

Raditya Hapsari (2015-05-25 15:55:44)

Selamat sore pak.
Saya mau bertanya, saya baru membuat KK tp di keterangan pendidikan terakhir suami saya SLTA padahal seharusnya S1. Apakah bisa KK di perbaiki? Trimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Perubahan KK dilakukan melalui RT/RW dan Kelurahan untuk mengisi formulir perubahan biodata dengan dilampiri KK asli dan dokumen pendukung (ijasah) kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

dadang arifin (2015-05-25 11:42:09)

slmt siang, saya wrga kelurhan sawahbesar semarang, baru nikah, almat istri saya d kelurahan kedungmundu semarang. sy brmksud mngurus surat pindah sekalian bikin kk bagaimana syarat dan caranya. terimaksh

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Melaporkan ke RT/RW dan Kelurahan untuk mengisi formulir dengan dilampiri KK dan KTP asli kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan untuk diterbitkan surat pindah. Selanjutnya surat pindah dibawa ke tempat tujuan pindah untuk diurus penerbitan KK dan KTP yang baru.

afroni (2015-05-25 06:10:19)

selamat pgi pal/ ibu saya mau nanya saya mau buat akta kelahiran tpi saya tidak punya surat kelahiran dari bidan karena saya lahir di dumah trus surat kelahiran dari kelurahan yang asli hilang, terus masih bisakah saya mmbuat akta kelahiran.?
umur saya sudah 18 tahun, kira" kena denda berapa pak.?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara disarankan untuk minta surat keterangan kelahiran dari Kelurahan, sebagai lampiran dalam pengurusan akta kelahiran. Dalam rangka hari jadi Kota Semarang yang ke 468, Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Pembebasan Denda Keterlambatan Akta Kelahiran usia 61 hari s/d 18 tahun dan Akta Kematian yang terlambat berdasarkan SK Walikota No. 470/47/IV/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang dimulai tanggal 1 April 2015 s/d 29 Mei 2015. Kami sarankan saudara segera mendaftarkan penerbitan akta kelahiran saudara.