DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang mulai 1 April-29 Mei 2015
  • Pengurusan Akta Kelahiran GRATIS TANPA BIAYA!
  • Tidak ada biaya pengurusan E-KTP!

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

fatimah (2015-05-26 08:10:45)

pak mau nanya, kn dompet adik saya hilang otomatis surat2 smua hilang dia d cikarang sdh minta surat kehlangan d kntor polisi cikarang..

nahh yng mau sya tnyakan
klo bkin e ktp hilang.. apa saya (kakaknya ) bisa bntu buatin dr kmpung? apa hrus adik saya..
apa hrs foto lagi.. semisal pnya file foto bisa ato tdk..
trimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KTP-el yang hilang harus dilaporkan ke Kepolisian guna mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan, apabila adik saudara sudah melakukan perekaman data maka pengurusan penerbitan KTP-el bisa diwakilkan.

siti mukaromah (2015-05-25 21:34:59)

Maaf mau tanya,akte anak saya hilang,tp yg ada cuman fotokopiannya saja,bagaimana prosedur/syarat untuk mengurus akte baru untuk anak saya?langsung ke kantor dispendukcapil semarang atau kmn? Mohon bantuannya.. Trims

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pengurusan penerbitan kutipan akta kelahiran langsung di Disdukcapil dimana akta kelahiran tersebut diterbitkan. Persyaratan Pengurusan akte kelahiran yang hilang : - Asli Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian. - Fotokopi akta kelahiran yang hilang. - Fotokopi KTP dan KK orangtua (bagi yang masih dibawah umur). - Fotokopi KTP dan KK yang bersangkutan. - Fotokopi akta nikah orangtua.

Raditya Hapsari (2015-05-25 15:55:44)

Selamat sore pak.
Saya mau bertanya, saya baru membuat KK tp di keterangan pendidikan terakhir suami saya SLTA padahal seharusnya S1. Apakah bisa KK di perbaiki? Trimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Perubahan KK dilakukan melalui RT/RW dan Kelurahan untuk mengisi formulir perubahan biodata dengan dilampiri KK asli dan dokumen pendukung (ijasah) kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

dadang arifin (2015-05-25 11:42:09)

slmt siang, saya wrga kelurhan sawahbesar semarang, baru nikah, almat istri saya d kelurahan kedungmundu semarang. sy brmksud mngurus surat pindah sekalian bikin kk bagaimana syarat dan caranya. terimaksh

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Melaporkan ke RT/RW dan Kelurahan untuk mengisi formulir dengan dilampiri KK dan KTP asli kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil Kecamatan untuk diterbitkan surat pindah. Selanjutnya surat pindah dibawa ke tempat tujuan pindah untuk diurus penerbitan KK dan KTP yang baru.

afroni (2015-05-25 06:10:19)

selamat pgi pal/ ibu saya mau nanya saya mau buat akta kelahiran tpi saya tidak punya surat kelahiran dari bidan karena saya lahir di dumah trus surat kelahiran dari kelurahan yang asli hilang, terus masih bisakah saya mmbuat akta kelahiran.?
umur saya sudah 18 tahun, kira" kena denda berapa pak.?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara disarankan untuk minta surat keterangan kelahiran dari Kelurahan, sebagai lampiran dalam pengurusan akta kelahiran. Dalam rangka hari jadi Kota Semarang yang ke 468, Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Pembebasan Denda Keterlambatan Akta Kelahiran usia 61 hari s/d 18 tahun dan Akta Kematian yang terlambat berdasarkan SK Walikota No. 470/47/IV/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang dimulai tanggal 1 April 2015 s/d 29 Mei 2015. Kami sarankan saudara segera mendaftarkan penerbitan akta kelahiran saudara.

Triyas Novtasiwi (2015-05-22 15:49:21)

Cara membuat akta bagaimana ya pak dr rt rw trus kemana? Dn itu ke kelurahan wktu sya (purwodinatan) atau kel. Sya tinggali skrg (sarirejo),
Terimakasih ya pak???

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara dapat mengajukan permohonan melalui Kelurahan sesuai domisili saudara saat ini (sesuai KK dan KTP).

Triyas Novtasiwi (2015-05-22 15:35:15)

Sya mau brtanya,,
Kalau mmbuat akta klahiran kan hrus ad FC surat nikah ortu,, smentara surat nikah ke2 ortu sya sudah hilang,, lalu bagaimana ya pak,, sya mau mmbuat akta klahiran?
Terima kasih
Bls

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Apabila akta nikah orangtua hilang, dapat mengurus duplikat. Untuk keterangan lebih jelas dan lengkap kami sarankan untuk datang ke Disdukcapil.

Triyas Novtasiwi (2015-05-22 15:26:19)

Umur sya sudah 17th,, sya belum mempunyai akta. Dan sya ingin membuatnya,,
Apakah benar pda tgl 1 April- 29 mei ,tidak ada pembayaran biaya sama sekali?

Terima kasih,,
Bls

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dalam rangka hari jadi Kota Semarang yang ke 468, Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Pembebasan Denda Keterlambatan Akta Kelahiran usia 61 hari s/d 18 tahun dan Akta Kematian yang terlambat berdasarkan SK Walikota No. 470/47/IV/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang dimulai tanggal 1 April 2015 s/d 29 Mei 2015. Kami sarankan saudara segera mendaftarkan penerbitan akta kelahiran saudara.

indra gunawan (2015-05-22 01:35:39)

Mohon informasi kl anak sy lahir dijogja tp domisili sy disemarang, bagaimana cara mengurus akte kelahirannya.?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pelaporan kelahiran sesuai dengan UU No.24 tahun 2013 bahwa penerbitan akta kelahiran menggunakan asas domisili yaitu domisili ibu, jadi saudara dapat mengurus akta kelahiran anak di Disdukcapil sesuai domisili ibunya (sesuai KK dan KTP). Persyaratan pengurusan akta kelahiran : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan (domisili). 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Fotokopi KK dan KTP orangtua. 5. Mengisi formulir di Dinas.

Tugimanto (2015-05-21 07:36:46)

Saya mau daftar BPJS online, sewaktu mengisi nomor KK, disitu dikatakan "nomor kk anda tidak ditemukan" (no. KK 3322110601210), mohon informasi, apakah ada perubahan nomor KK saya atau nomor KK saya sdh tidak berlaku?

Terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Kami sarankan saudara berkonsultasi dengan Disdukcapil Kabupaten Semarang.

Agus E (2015-05-20 21:54:20)

Selama Pagi pak/bu
Saya mau bertanya untuk membuat akte kelahiran anak saya.
Apakah harus memasukkan anak saya ke Kartu Keluarga dahulu baru mengurus Akta kelahiran ,atau mengurus akta kelahiran dahulu baru memasukkan ke Kartu Keluarga?
Mohon infonya, terimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dalam pengurusan akta kelahiran, data anak harus dimasukkan ke Kartu Keluarga terlebih dahulu.

Budi Saptono (2015-05-19 11:45:01)

Pak bagaimana cara menghapus data kependudukan saya di Semarang. Saat itu saya numpang alamat di sepupu saya saat kuliah tahun 1987-1994. Sekarang saya berdomisili di Malang Jatim dan akan pindah ke Jakarta. Ternyata data saya yang di Semarang masih muncul sehingga kepindahan tidak bisa diproses di Malang. Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara bisa datang langsung ke Disdukcapil Kota Semarang dengan melampirkan surat pernyataan penghapusan data (bermaterai 6000) dan melampirkan data yang akan dihapus.

ita kartika (2015-05-19 10:23:33)

Perihal syarat membuat akta kelahiran anak saya yang lahir 2 april 2015, apa betul harus membuat dahulu Kartu Keluarga baru yang ada nama anak saya yg lahir 2 april itu? Atau fotokopi KK lama yg belum ada nama anak tersebut?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dalam pengurusan akta kelahiran, data anak harus dimasukkan ke Kartu Keluarga terlebih dahulu.

Catur Setiawan (2015-05-19 10:00:38)

Salam sejahtera.
Saya seorang ayah dari anak yang baru lahir dan mengurus akta kelahiran dan perubahan KK saya. NIK KK 33221302140002 / Kepala Keluarga CATUR SETIAWAN
Dengan masalaha / problem sebagai berikut ; Anak saya Lahir di R.S. Pantiwilasa Citarum SEMARANG Tgl 19 April 2015 bernama KHAILA AURELIA SETIAWAN (Sesuai dengan surat keterangan dari R.S. Pantiwilasa Citarum - Semarang), dan KTP/KK saya ber alamat di Linkungan Sikunir RT/RW.002/007 Kel. Bergas Lor - Kec. Bergas - Kab. Semarang 50552.
Saya melaukan pengurusan sudah sesuai prosedur yang ada, tetapi saat KK baru saya jadi Anak saya ( KHAILA AURELIA SETIAWAN ) pada KK baru Tempat Lahir di cantumkan Kabupaten Semarang YANG SEHARUSNYA Kota Semarang ( sesuai surat Keterangan dari R.S. Pantiwilasa Citarum - SEMARANG ).
Saat saya mengajukan perubahan ke Pihak Kecamatan dengan tanggapan Anak harus ikut sesuai KTP orang tua, sedangkan saya baca peraturan di internet mengenai UU. Tentang Administrasi Kependudukan menerangkan bahwa " Tahun 2014 ada peraturan baru tentang pembuatan akta kelahiran yakni diberlakukan ASAS DOMISILI. Artinya, bagi penduduk ketika melahirkan dimanapun, pembuatan akta kelahirannya adalah di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Domisili, HANYA SAJA PENULISAN KOTA/KABUPATEN TEMPAT KELAHIRANNYA SESUAI YANG TERTERA DI SURAT KETERANGAN KELAHIRAN DARI DOKTER / BIDAN / PENOLONG"
Apakah setiap peraturan daerah itu berbeda, sedangakan UU. Tentang Administrasi Kependudkan seharusnya diterapkan disemua daerah di Indonesia.
Mohon tanggapan dan arahan nya. Aturan mana yang benar dan seperti apa Undang Undang nya mengenai keterangan di KK dan Akta Kelahiran mengenai TEMPAT LAHIR ( yang di UU. Administrasi Kependudukan di sebut PERISTIWA PENTING ).

Saya mencantumkan data diri saya secara lengkap bertujuan dari keseriusan saya untuk menanyakan masalah/problem yang saya alami sekarang. Dan mungkin masih ada orang lain yang juga mengalami masalah yang sama dengan saya tapi enggan untuk menggali / melaporkan malah ini lebih dalam.
Mohon tanggapan dan tindak lanjutnya, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat bersama
Sebelumnya saya ucapka terima kasih.
Salam Hormat Saya
Catur Setiawan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Sesuai dengan UU No.24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Penerbitan Akta Kelahiran menggunakan asas domisili yaitu bahwa untuk penerbitan akta kelahiran sesuai domisili orang tua saat ini, dan untuk tempat lahir yang tercantum sesuai dengan tempat kelahiran bayi. Kami sarankan saudara sampaikan masalah/kesalahan tersebut kepada Disdukcapil Kabupaten Semarang tempat saudara mengurus akta kelahiran anak saudara.

yohanes (2015-05-18 23:10:05)

selamat malam mau nanya, saya kan tinggal ditangerang dan sebentar lagi mau menikah.. nah pertanyaanya kk saya berbeda dengan ortu karna saya ikut dengan paman saya untuk kknya... apakah proses pencatatan sipil untuk akta nikah tetap bisa dibuat kalo dengan kk yang berbeda?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KK yang berbeda dengan orangtua tidak ada masalah dengan pernikahan saudara.

catur setiawan (2015-05-18 14:49:38)

Salam sejahtera....saya mau menanyakan tentang Tempat Lahir.
Anak saya Lahir 19 April 2015 di R.S. Pantiwilasa Citarum - Semarang, tetapi saya (orang tua dari anak) tinggal di Kab.Semarang ( Kel. Bergas Lor - Kec. Bergas ).
Tetapi anak saya di KK ...ditulis tempat lahir nya di Kabupaten Semarang, yang seharusnya Tempat Lahir sesuai dengan Kejadian Peristiwa Penting (yaitu Semarang) sesuai dengan UU. Administrasi Kependudukan yg ada.
Bagaimana cara mengganti Tempat Lahir anak saya ? Sementara akta lahir belum jadi di catatan sipil.
Mohon keterangan nya dan pencerahan nya.
Demikian saya sampaikan. Saya ucapkan terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Sesuai dengan UU No.24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas UU No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Penerbitan Akta Kelahiran menggunakan asas domisili yaitu bahwa untuk penerbitan akta kelahiran sesuai domisili orang tua saat ini, dan untuk tempat lahir yang tercantum sesuai dengan tempat kelahiran bayi. Kami sarankan saudara sampaikan masalah/kesalahan tersebut kepada Disdukcapil Kabupaten Semarang tempat saudara mengurus akta kelahiran anak saudara.

teguh santoso (2015-05-18 08:08:36)

Selamat pagi pak/ bu, saya mau bertanya kalau membuat akta kelahiran untuk anak umur 5 tahun kira-kira membutuhkan biaya mahal gak pak? Saya takut kalau tidak mampu bayar. Terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dalam rangka hari jadi Kota Semarang yang ke 468, Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Pembebasan Denda Keterlambatan Akta Kelahiran usia 61 hari s/d 18 tahun dan Akta Kematian yang terlambat berdasarkan SK Walikota No. 470/47/IV/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang dimulai tanggal 1 April 2015 s/d 29 Mei 2015. Kami sarankan saudara segera mendaftarkan penerbitan akta kelahiran anak saudara.

pak ian (2015-05-17 09:10:14)

Pak saya punya 2 kk (yang satu kk ikut orang tua dan yang satu kk ikut kakak kandung) dengan NIK yang berbeda. Apakah saya harus menghapus salah satu KK saya? kalau menghapus salah satu KK apa syaratnya?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara bisa langsung datang ke Disdukcapil untuk penghapusan data dengan membawa KK kedua-duanya (asli + fotokopi) dilampiri surat pernyataan penghapusan data. Apabila saudara tidak menghapus bisa dikenakan sanksi administrasi dan sanksi pidana.

lenni (2015-05-17 07:10:07)

Pak mau tanya mau jadwal mobil keliling utk pengurusan pembuatan kk baru posisi dimana dan hari apa saja trima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pembuatan KK baru tidak bisa dilayani di Mobil Keliling, saudara harus mendaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

sada ristiono (2015-05-15 21:00:58)

Selamat malam,
Mohon bantuan dan informasinya, akte lahir anak saya belum saya urus hingga tiga tahun ini, kira2 kena denda berapa ya? Dulu waktu urus baru sampe jadi KK aja, belum sampe ke dispendukcapil, kira saya juga harus sediakan syarat apalagi ya? Surat kelahiran ada, pengantar dari kelurahan yg kadaluarsa juga ada... trima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pelaporan kelahiran sesuai dengan UU No.24 tahun 2013 bahwa penerbitan akta kelahiran menggunakan asas domisili yaitu domisili ibu, jadi saudara dapat mengurus akta kelahiran anak di Disdukcapil sesuai domisili ibunya (sesuai KK dan KTP). Persyaratan pengurusan akta kelahiran : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Fotokopi KK dan KTP orangtua. 5. Mengisi formulir di Dinas. Dalam rangka hari jadi Kota Semarang yang ke 468, Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Pembebasan Akta Kelahiran usia 61 hari s/d 18 tahun dan Akta Kematian yang terlambat berdasarkan SK Walikota No. 470/47/IV/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang dimulai tanggal 1 April 2015 s/d 29 Mei 2015. Kami sarankan agar segera mendaftarkan penerbitan akta kelahiran anak saudara.