DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang mulai 1 April-29 Mei 2015
  • Pengurusan Akta Kelahiran GRATIS TANPA BIAYA!
  • Tidak ada biaya pengurusan E-KTP!

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

erni (2015-04-16 13:09:35)

saya mau tanya , kalau mengurus akte sama pengakuan anak lebih dahulu mana ? terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Harus mengurus akta kelahiran terlebih dulu baru kemudian diurus akta pengakuan anak saat orangtua mencatatkan perkawinan.

ary setyawan (2015-04-15 17:02:01)

saya mau tanya syarat pembuatan akte kelahiran apa saja ya pak, anak saya lahir di cilacap tapi ktp saya dan istri di semarang, terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pelaporan kelahiran sesuai dengan UU No.24 tahun 2013 bahwa penerbitan akta kelahiran menggunakan asas domisili yaitu domisili ibu, jadi saudara dapat mengurus akta kelahiran anak di Disdukcapil sesuai domisili ibunya (sesuai KK dan KTP). Persyaratan pengurusan akta kelahiran : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Fotokopi KK dan KTP orangtua. 5. Mengisi formulir di Dinas.

na indri (2015-04-15 09:55:29)

Ass..
Utk prosedur Surat pindah itu ap saja ya..Dl sy tinggal d wil ung.. Krna kami sdh berpisah sy tinggal drmh orgtua sy d kaltim..
Terimaksih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara harus mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah asal (Disdukcapil Kab Semarang) untuk didaftarkan ke daerah tujuan (Kaltim).

mei (2015-04-14 17:33:53)

Asas wr wb
Saya mau tanya, bagaimana syarat akta pengakuan anak ?? Saya sudah menikah sah dg suami tp saya baru tau ttentang akta pengakuan ini. Terimakasih atas jwbnnya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pengurusan akta pengakuan anak seandainya lalai dapat melalui Penetapan Pengadilan Negeri, tetapi harus dilihat dulu pemberkatan dan kelahirannya lebih dulu mana. Kalau kelahiran anak terjadi setelah pemberkatan maka dapat diproses akta pengakuan anak. Ini bagi yang menikah di Catatan Sipil.

PUJIONO (2015-04-14 15:57:59)

mohon penjelasan:
Akta ke dua anak Kami ada kekeliruan . yaitu pada nama orang tua.
Bagaimana cara membetulkannya. berapa kira kira waktu tunggunya.
Syaratnya apa saja,dan Biayanya berapa ?
Mohon saran........
Terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Kami sarankan saudara datang ke Disdukcapil yang menerbitkan akta tersebut dengan membawa akta kelahiran asli dan akta perkawinan asli.

Tri Winarso (2015-04-14 14:56:25)

assalamualikum wr wb,
saya ingin bertanya beberapa hal sbb:
1. NIK di E-KTP Keluarga saya beda dengan yang ada di KK, mana yang benar? Contoh punya saya di E-KTP 3322191207610002, di KK 3322141207610002
2. Waktu saya mau mendaftar BPJS Kesehatan secara on-line selalu gagal karena no Kartu Keluarga yang saya masukan selalu ditolak, padahal saya sudah memasukan sesuai yang tertera di KK. Mohon solusinya. no KK saya sbb: 3322183008082670
Wassalamualaikum wr wb

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Mengenai permasalahan saudara bisa menanyakan pada Disdukcapil Kabupaten Semarang (sesuai domisili saudara).

argo (2015-04-14 11:24:04)

pak/bu, saya mau menikah dengan seorang perempuan bernama siani hindarto. saya mau mengecek status perkawinan dia, apakah sudah bebas/lajang atau masih terikat perkawinan. dulu suaminya bernama Eko yulibagio. menikah di semarang. trims

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Kami sarankan sebaiknya saudara melihat KK yang dimiliki calon istri saudara, disini kami tidak dapat memberikan informasi karena data seseorang dilindungi oleh undang-undang.

fredy (2015-04-14 09:30:20)

Selamat siang pa, saya baru menikah. Istri saya masih ktp sumatra utara, syarat apa saja yang deperlukan untuk pengurusan ktp istri dan buat kk kami di kota semarang... Mohon pencerahanya. Trims,,,

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Untuk penduduk dari luarkota yang akan mengurus KK dan KTP di Kota Semarang persyaratannya : 1. Surat Keterangan Pindah Asli dari daerah asal. 2. SKCK asli dari daerah asal. 3. Fotokopi akta kelahiran. 4. Fotokopi surat nikah/surat cerai (bagi yg memiliki). 5. Mengisi formulir di Kelurahan. Bila ada perubahan data harus dilampiri data/dokumen pendukungnya. Setelah data dan dokumen lengkap didaftarkan di TPDK Kecamatan sesuai tujuan pindah.

Sony (2015-04-13 19:26:56)

Slmt mlm,, mau bertanya soal pembuatan e-ktp.
KTP lama saya sdh hbis masa berlakunya, lalu saya ingin membuat e-ktp di Semarang, krna hampir 7 th menetap di semarang. KK dan KTP lama saya ikutnya kab.grobogan (purwodadi). Apakah saya bisa membuat e-ktp di dispendukcapil kota semarang? Jika bisa, syarat apa saja yg diperlukan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Untuk penduduk dari luarkota yang akan mengurus KK dan KTP di Kota Semarang persyaratannya : 1. Surat Keterangan Pindah Asli dari daerah asal. 2. SKCK asli dari daerah asal. 3. Fotokopi akta kelahiran. 4. Fotokopi surat nikah/surat cerai (bagi yg memiliki). 5. Mengisi formulir di Kelurahan. Setelah data dan dokumen lengkap didaftarkan di TPDK Kecamatan sesuai tujuan pindah.

Yohanes Sulistyono (2015-04-13 14:16:13)

Selamat siang Dispendukcapil Smg. Saya berdomisili di Kel. Sekayu, kec. Smg Tengah. Hingga saat ini KTP-el saya belum jadi/belum saya terima. padahal saya sudah direkam data beberapa tahun yang lalu. pada saat pembagian KTP-el beberapa tahun yang lalu di kelurahan sekeluarga sudah mendapatkan KTP-el kecuali saya. pegawai kelurahan saat itu mengatakan bahwa KTP-el sy diikutkan gelombang 2. namun hingga bulan juli 2014 belum juga sy terima. karena bulan juli 2014 tsb KTP konvensional saya sudah habis masa berlakunya sehingga saya putuskan untuk perpanjang KTP namun KTP hasil perpanjangan tsb juga masih konvensional. yang ingin saya tanyakan: apakah saya harus menunggu (lagi) atau bisa membuat KTP-el? Terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara kami sarankan untuk mengajukan permohonan KTP-el dengan mengisi formulir yang disediakan oleh Kelurahan dan didaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

nanang agus (2015-04-13 05:59:40)

saya sdh setahun ini merekam data ektp di kantor catatan sipil.Saya sdh cek ke kelurahan belum jadi lalu kapab jadinya? apakah saya hrus merekam ulang?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara kami sarankan untuk mengajukan permohonan KTP-el dengan mengisi formulir yang disediakan oleh Kelurahan dan didaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

(2015-04-13 05:11:08)

assalamualikum wr wb,.
Selamat pagi yang trhormat bpk Mardiyanto,.
Pak saya mau tanya,
Rencana saya mau pindah ke kabupatn Cianjun JABAR (hanya saya yg pindah)
Trus saya juga sudah konsultasi sama pihak pegawai di dispenduk capil di Cianjur. Katanya " suruh ke dispenduk capil kota semarang dan saya disuruh memohon agar data diri saya dikirim kan ke dispnduk capil Cianjur scara online dr semarang."
Tanya saya, bisakah ? trus berapa biayayanya ? dan bagai mana cara mengurusnya.?
Trimakasih yth bpk Murdiyanto.
Wassalamualaikum wr wb..

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Untuk pengurusan pindah datang harus mengajukan permohonan sesuai prosedur dan persyaratan yang telah ditentukan. Pengurusannya tidak dikenakan biaya.

David (2015-04-11 21:34:50)

maaf pak/bu yth:
Saya mau tanya kalau buat ktp usia 16 tahun itu apa sudah boleh dan biaya pembuatan ktp itu berapa?? saya memang masih SMA tapi saya juga mau nyambi kerja, jadi tidak terlalu merepotkan orang tua.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Saudara belum memenuhi persyaratan untuk membuat KTP karena usia saudara belum 17 tahun.

nita mardiani (2015-04-11 13:35:38)

pa aku mau tanya,aku minta surat pengantar utk numpang nikah di jakarta sama pa RT stempat ko katanya aku harus menganti surat surat(sperti KTP,KK dll) aku ya.malah di sarankan kalo mau lewat modin stempat.yang jadi pertanyaannya,apakah memang prosedurnya dari RT stempat itu begitu.dan apakah itu sudah menjadi kewajiban stiap warganya yg akan meminta surat pengantar numpang nikah di kota lain.tolong penjelasannya ya,makasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Mengenai persyaratan pernikahan, kami sarankan kepada saudara agar koordinasi dengan KUA ditempat dimana saudara mau menikah.

wira (2015-04-11 12:48:32)

SAyA mau tanya, cara blokir salah saty NIK gemana ya ?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Penghapusan data diperuntukkan bagi warga yang memiliki data dan NIK ganda. Kami sarankan saudara datang ke Disdukcapil untuk berkonsultasi.

Heksi valeri (2015-04-10 18:59:08)

Permisi.. Saya ingin bertanya apakah identitas yang dibuat di e-ktp yg sedang diproses dapat dirubah ???

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Perubahan data dapat dilakukan dengan melampirkan data pendukungnya.

Riana (2015-04-09 19:29:38)

Assalamualaikum bapak, kami sekeluarga dr semarang skrg tinggal di jepang sejak 2011 dan akan segera kembali ke indonesia. ktp dan kk kami sudah habis masa berlakunya sejak 2013 lalu, bagaimana prosedur pembuatan e ktp dan kk baru di semarang? note: alamat masih sama. Terima kasih banyak informasinya.
Wassalamualaikum

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Permohonan dilakukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh Kelurahan. Untuk perekaman data KTP-el harus datang sendiri ke TPDK Disdukcapil Kecamatan sesuai domisili.

YUNI PUTRI (2015-04-09 15:35:21)

Maap pak, saya asal pontianak berdomisili di Tangerang Selatan. Saya punya KTP lama dan belum membuat E KTP karena pada saat saya pulang ke pontianak. mesin pembuatan E KTP sedang rusak, jadi saya terpaksa membuat KTP biasa. dan kemungkinan untuk kembali ke pontianak sangat tidak memungkinkan. Bisakah diwakilkan? atau adakah prosedur yang memudahkan saya untuk mengurus E KTP ?
untuk tetala yang tertera di KTP saya terjadi kesalahan, karena mengikuti data di KK. sedangkan data di KK tidak sesuai dengan AKTe Kelahiran saya.
Bagaimana cara memperbaiki kesalahan di KK dan KTP?
karena ini mempengaruhi data saya saat pembuatan BPJS, IJAZAH dan data lainnya
karena hampir semua pengisian data saya sesuaikan dengan AKte kelahiran saya.
trims

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Apabila sudah melakukan perekaman data, untuk permohonan penerbitan KTP-el bisa diwakilkan. Untuk kesalahan data sebaiknya segera dilaporkan di Disdukcapil domisili saudara untuk diperbaiki sesuai dokumen yang dimiliki.

wiko (2015-04-08 16:37:38)

bagaimana cara kita check status pasangan kita sebelum melakukan perkawinan, melalui situs web? apakah ada alamatnya? terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Pengecekan data tidak dapat dilayani melalui website, karena data seseorang dilindungi oleh undang-undang.

noni leony (2015-04-08 15:31:20)

Pak saya mau nanya kapan ada pemutihan untuk akta kelahiran dikota semarang tahun ini?terimakasih sebelumnya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dalam rangka hari jadi Kota Semarang yang ke 468, Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Pembebasan Akta Kelahiran usia 61 hari s/d 18 tahun dan Akta Kematian yang terlambat berdasarkan SK Walikota No. 470/47/IV/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian. Pembebasan Denda Keterlambatan Pelaporan Akta Kelahiran dan Akta Kematian dalam rangka HUT Kota Semarang dimulai tanggal 1 April 2015 s/d 29 Mei 2015