DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Ernawati (2013-12-03 22:39:43)

pak, tahun lahir di akta saya salah kalau ingin memperbaiki persyaratannya apa saja ya? dan berapa biayanya?
saya pernah tanya orang yang di kantor catatan sispil kok katanya biayanya bisa sampai 500.000-1.000.000
mohon penjelasannya. terima kasih


Jawab :
Perubahan data di akta kelahiran harus melalui Sidang Pengadilan, setelah ada Penetapan Pengadilan baru dapat diproses penerbitan perubahan akta kelahiran. Untuk biaya retribusi perubahan akta kelahiran :
- Tidak terlambat (<1 bulan setelah Penetapan Sidang Pengadilan) Rp.75.000,-.
- Terlambat (>1 bulan setelah Penetapan Sidang Pengadilan) Rp.100.000,-.
- Terlambat (>1 tahun setelah Penetapan Sidang Pengadilan) Rp.200.000,-.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Endang (2013-12-03 06:37:14)

Yth Bp/Ibu, saya mau bertanya:1. apakah bisa akte kelahiran anak dibuat dengan nama pasangan suami istri yang bukan orang tua kandung? bagaimana mengurusnya?
2. jika anak baru lahir, syarat2 apa saja yang harus disertakan jika akte akan diatasnamakan bukan orang tua kandungnya? apakah harus ada surat persalinan dari rumah sakit?
3. berapa lama waktu yang diperlukan jika kasusnya seperti itu?


Jawab :
1. Akta kelahiran diterbitkan bila akan dimunculkan nama pasangan suami istri yang bukan orangtua kandung harus melalui Sidang Pengadilan. Setelah ada Penetapan Pengadilan kemudian akta tersebut dapat diterbitkan Kutipan Akta sesuai dengan orangtua yang mengangkat.
2. Syarat pembuatan akta anak baru lahir :
- Surat keterangan kelahiran dari RS/Bidan asli.
- Surat keterangan kelahiran dari Kelurahan asli.
- Fotokopi KK dan KTP orangtua kandung.
- Fotokopi surat nikah orangtua.
- Mengisi formulir pendaftaran.
- Kalau diatasnamakan bukan orangtua kandung prosedur sama dengan point no.1
3. Untuk keterangan lebih jelas sebaiknya saudara datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Fitri Indriyani (2013-12-02 00:56:39)

pak saya dari kebumen dan sekarang saya bekerja dikarawang
saya mau tanya kalau ktp (kebumen) hilang dikarawang bagaimana? bisa buat dikrawang apa tidak kalu bisa syaratnya apa saja?terima kasih pak


Jawab :
Kalau KTP anda berasal dari Kebumen dan kemudian akan membuat KTP di Karawang, saudara harus mengurus Surat Keterangan Pindah dari Kebumen ke Karawang.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Bella (2013-11-29 05:31:03)

Salam, boleh ikut tanya? kalo mau ganti nama orangtua di akte kelahiran, apa memungkinkan ya? karena dl waktu bayi suka sakit2an, menurut kepercayaan orgtua jaman dl, hrs secara formalitas dimasukkan ke nama orgtua lain. jd wkt itu, saya dibuatkan akte kelahiran dgn nama orgtua yaitu saudara saya. nah sekarang, saya ingin menggantinya dgn nama orgtua saya yg asli, apa bisa ya? Terima kasih


Jawab :
Untuk perubahan data di akta kelahiran harus melalui proses Sidang Pengadilan, setelah ada Penetapan Pengadilan kemudian akta kelahiran tersebut dibetulkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimana akta tersebut diterbitkan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Ayu Ismi (2013-11-28 17:42:13)

Salam,
pak saya kehilangan surat pindah,,sedangkan utk membuat kk dan ktp baru membutuhkan surat pindah,apa yang harus saya lakukan??terima kasih


Jawab :
Saudara harus minta Surat Keterangan Kehilangan di Kepolisian kemudian dibawa ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dimana Surat Keterangan Pindah tersebut diterbitkan untuk dicetak ulang.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Risma (2013-11-28 08:49:07)

Selamat sore,

Saya mau tanya pak. Saya mau merubah nama di akte kelahiran saya. Akte kelahiran sya di keluarkan di semarang. Tapi sekarang saya berdomisili di bogor. Bagaimana jika seperti itu ya pak? Dan apa saja syarat - syarat yang harus dilengkapi. Dan untuk biaya administrasinya berapa yang dibutuhkan?
Terima kasih.


Jawab :
Permohonan perubahan nama di akta kelahiran bisa diproses di Disdukcapil Kota Semarang sepanjang akta kelahiran yang mengeluarkan Disdukcapil Kota Semarang.
- Persyaratan perubahan nama di akta kelahiran :
1. Salinan Penetapan perubahan nama dari Pengadilan atau Instansi yang berwenang.
2. Asli dan fotokopi Akta Kelahiran.
3. Fotokopi KK dan KTP yang masih berlaku.
4. Surat kuasa pengisian biodata bermaterai Rp.6.000,- bagi yang dikuasakan dan fotokopi KTP penerima kuasa
- Biaya retribusi sesuai dengan Perda No.2 tahun 2012 dan Perwal No.3 tahun 2011
a. WNI Rp. 75.000,-
b. WNA Rp. 250.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dhenny Indra Kusumasari (2013-11-25 07:10:02)

Selamat Siang pak Mardiyanto, saya ingin menanyakan bagaimana caranya untuk ganti nama di Surat Kelahiran?
Saya lahir di RS Elizabeth Semarang, Orang tua saya dulu tinggal di Semarang, nama di akte saya Denny Indra Kusumasari, tapi karena selama ini akte sempat hilang (akte disimpan papa dan papa meninggal sejak tahun 1982), pengurusan semua dokumen memakai nama Dhenny Indra Kusumasari, bahkan sampai ke KTP, Ijasah, Asuransi, Bank dll, permasalahannya sekarang buku pernikahan saya tdk bisa terbit dengan nama Dhenny Indra Kusumasari karena menurut orang KUA hrs sesuai akte, meskipun sempat dia menanyakan bagaimana penulisan d ijasah (besok akan kami akan coba lagi k KUA), dan permasalahan lain adalah domisili saya sejak kuliah ada di Jakarta.
Mohon bantuan dan masukan mengenai hal ini.
Dan bila saya harus ganti nama di akte, apa saja yg harus saya persiapkan dan brp lama akte bisa jadi?
Terimakasih


Jawab :
Permohonan perubahan nama di akta kelahiran bisa diproses di Disdukcapil Kota Semarang sepanjang akta kelahiran yang mengeluarkan Disdukcapil Kota Semarang.
- Persyaratan perubahan nama di akta kelahiran :
1. Salinan Penetapan perubahan nama dari Pengadilan atau Instansi yang berwenang.
2. Asli dan fotokopi Akta Kelahiran.
3. Fotokopi KK dan KTP yang masih berlaku.
4. Surat kuasa pengisian biodata bermaterai Rp.6.000,- bagi yang dikuasakan dan fotokopi KTP penerima kuasa
- Biaya retribusi sesuai dengan Perda No.2 tahun 2012 dan Perwal No.3 tahun 2011
a. WNI Rp. 75.000,-
b. WNA Rp. 250.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Bu Mus (2013-11-20 06:22:41)

kata bpk. Drs. Mardiyanto KTP lama hanya berlaku S/D 31 Desember 2013 . hari ini tgl 20 Nopember 2013 tadi sy mengurus e-KTP anak sy yg hilang .. ternyata dapat penggantinya seperti KTP yg lama itu saja disuruh melaminating sendiri ... katanya alatnya rusak , kata petugasnya : memang dapatnya KTP manual .. kl mau e-KTP ya di Jkt atau besuk menunggu kl ada program e-KTP lagi , padahal alat2nya ada dtempat. bahkan tetangga sy banyak yg belum mendapatkan e-KTP . Bagaimana dg hal ini pak Mardiyanto ? sy mohon jwban yg pasti dan benar , tks


Jawab :
Pencetakan fisik E-KTP masih menjadi wewenang Pemerintah Pusat, rencana baru akan Januari 2014 diserahkan kepada masing-masing Pemkab/Pemkot, sehingga sebelum e-ktp saudara jadi yang dipakai KTP yang lama (non elektronik).

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Ivan (2013-11-19 07:54:13)

Pak saya mau tanya,kalau di akta kelahiran anak saya belum tercantum nama saya sebagai ayah hanya ada nama ibunya, anaknya sekarang berusia 6 tahun . gimana caranya , syaratnya apa aja , dan biayanya berapa dan ada dendanya tidak ? terima kasih


Jawab :
Pembuatan akta kelahiran berdasarkan status sebagai berikut :
1. Status anak dari hasil perkawinan yang sah akan terbit akta kelahiran yang mencantumkan nama ayah dan ibunya.
2. Status anak diluar perkawinan yang akan tercantum hanya nama ibunya saja.
3. Kelahiran anak yang tidak diketahui asal-usulnya atau keberadaan orangtuanya, dengan melampirkan Berita Acara dari Kepolisian. Akta kelahiran terbit tidak mencantumkan nama orangtuanya.
Mungkin Saudara pada waktu mengurus akta kelahiran anak, data anak lahir sebelum perkawinan sah, sehingga nama orangtua yang tercantum di akta kelahiran hanya nama ibunya saja.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Nugroho (2013-11-16 02:32:39)

selamat pagi..
saya mau tanya..akta lahir anak saya bulan kelahirannya salah..
proses pengurusannya bagaimana?
syarat2 yg diperlukan apa saja?

terimakasih atas perhatiannya


Jawab :
- Maaf, saudara tidak menyebut pengurusan/penerbitan akta kelahiran tanggal berapa dan diterbitkan di Disdukcapil mana?
- Kalau akta kelahiran tersebut merupakan kesalahan dari Dinas dapat dilihat dari Arsip, namun kami menyarankan saudara datang ke Dinas dengan membawa :
1. Akta kelahiran asli.
2. Surat kelahiran dari bidan/dari kelurahan.
3. KK

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

R Moch Teguh S (2013-11-15 04:59:57)

Yth Kepala Dispendukcapil
Saya mau menyanyakan mengenai pembuatan Akte Kelahiran yang masih rancu menurut saya.
pada awalnya sebelum saya tinggal di Kec. Pedurungan itu belum ada masalah lancar2 saja setelah tinggal di Kec. Pedurungan mulailah timbul permasalahan dengan pembuatan Akte Kelahiran anak saya yg ke 2, bermula dari pembuatan E-KTP padahal di KTP lama itu sudah sesuai dengan di Akte kelahiran saya dan di akte kelahiran saya itu sah dan asli tetapi setelah di E-KTP ada nama yang hilang dan inilah yg menyebapkan permasalahan di akte saya tertulis '' Raden Mochamad Teguh Soegiarto'' di KTP lama sesuai "R Mochamad Teguh Soegiarto" dan nama tersebut di Ijazah dan sertifikat dll saya semua sesuai dengan di KTP dan Akte saya tetapi setelah E-KTP kok menjadi ''Mochamad Teguh Soegiarto" dan inilah yg menjadi masalah Pak.
dan sewaktu mengurus Akte kelahiran anak kami yg kedua di katakan bahwa nanti nama saya yg di akte anak kedua tidak sesuai dengan Akte kelahiran saya pak,
dan anehnya lagi sewaktu saya kembali ke kecamatan untuk membetulkan KTP sesuai dengan di akte kelahiran saya ini malah disuruh menunggu akte anak kedua jadi dulu baru di sesuaikan
ini yang saya semakin bingung disesuaikan yg bagai mana, kalau disesuaikan tetapi tidak sesuai Akte saya itu yg nantinya menjadi masalah pak karena Ijasah dan sertifikat saya pak itu gimana?
padahal Akte anak saya yg pertama nama saya sesuai
mohon kebijak sanaan Bapak untuk masalah ini , karena akte kelahiran saya di situ resmi dan di resmikan dari Pengadilan negeri dan S.K Mendagri.

Hormat saya
R Mochamad Teguh Soegiarto


Jawab :
- Mengenai penulisan nama yang benar sesuai dengan yang tertulis di akta kelahiran, namun kalau ada perubahan kemungkinan pada waktu saudara menikah di akta nikah tidak sesuai dengan akta kelahiran.
- Kalau penjelasan dari kami belum jelas, sebaiknya saudara datang ke Disdukcapil dengan membawa dokumen yang saudara miliki (antara lain : akta kelahiran, ijasah, akta nikah).

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Adi A (2013-11-14 14:20:48)

salam,
"Bpk/Ibu saya mau menanyakan, pada saat itu saya telah melakukan perekaman data untuk E-Ktp yang baru di kec, saya tinggal di Kab. dan Ttd yang saya buat saat itu berbeda dengan yang terdahulu karena suatu kealpaan saya. dan setelah menunggu berbulan bulan barulah E-ktp saya jadi, dan bentuk Ttd di Ktp baru pun berbeda, sedangkan saat membuat rek/SIM/dll yang memerlukan KTP menggunakan Ttd terdahulu. dan belum sempat untuk memperbaikinya, lalu kemanakah saya jika ingin membetulkan Ttd di E-ktp dan apa saja yang harus dibawa/disertakan, juga apakah hal tersebut dikenakan biaya, bila ada berapa biaya yang dikeluarkan untuk penggantian E-Ktp yang baru itu dan jika setelah di perbaiki berapa lama lagi E-ktp yang baru beres dicetak?
Terima kasih sebelumnya.

Jawab :
Kalau saudara sudah melaksanakan perekaman E-KTP di Kabupaten dimana saudara berdomisili, maka kami sarankan saudara datang di Disdukcapil Kabupaten dimana E-KTP saudara diterbitkan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Yaini (2013-11-13 00:36:21)

salam,
saya mau nanya,pada sekitar bulan juni / juli saya mengurus e-ktp di kec.tembalang,dan langsung melaksanakan foto.
oleh petugas e-ktp saya jadi tahun depan ato tahun 2014,kenapa kok bisa lama ya?
mohon penjelasan,terima kasih.

Jawab :
Bagi warga yang sudah melakukan perekaman E-KTP dan belum jadi, hal ini dikarenakan menunggu proses cetak dari Pemerintah Pusat (Kemendagri). Karena wewenang cetak fisik E-KTP belum didelegasikan dari Pemerintah Pusat ke Pemkab/Pemkot.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Leo. Prihmono (2013-11-12 07:02:06)

Salam hormat,
Saya pindah datang dari kab. Magelang ke kota Semarang. Tepatnya kecamatan Mijen. Persyaratan sudah lengkap dan sudah masuk ke TPDK Mijen. Yang ingin saya tanyakan, menurut perda, berapa lama waktu hingga terbitnya KK dan KTP non elektronik? Setelah ktp non.elektronik keluar, bagaimana prosesnya untuk mendapatkan e-ktp dan berapa lama waktunya?

Terima Kasih,

Leo. Prihmono

Jawab :
- Proses kedatangan kalau sudah lengkap persyaratannya, KK dan KTP dapat diselesaikan 7 hari kerja.
- Untuk proses E-KTP bagi pendatang yang sudah pernah rekam data ditempat asal supaya minta surat keterangan sudah pernah rekam data E-KTP, dan setelah E-KTP dapat dicetak di Kabupaten/Kota baru dapat diterbitkan sesuai alamat yang baru.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dony (2013-11-11 10:08:15)

Mau minta informasi, saya mau minta contoh Formulir Surat Keterangan Pindah dunk !!!
Karena kemarin saya mengurus di candisari kok katanya salah, setelah saya bawa ke Mijen

Terima kasih

Jawab :
Saudara bisa langsung datang ke Dinas untuk minta contoh Surat Keterangan Pindah.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Bambang Pramusinto, St, Mt (2013-11-12 05:27:44)

Hai.
Numpang nanya, KTP saya sudah habis masa berlakunya pada Maret 2013, dan saya juga blom mengurus pembuatan e-KTP karena satu dan lain hal (sibuk, kerja luar kota dan malas ngantri). jika saat ini saya hendak ngurus, bagaimana prosedurnya, apakah harus perpanjangan KTP lama dulu baru kemudian e-KTP? adakah biaya yang harus saya keluarkan? misal: denda atas keterlambatan, dsb... yang paling penting, apakah dasar hukum bagi pengenaan denda tersebut, karena info via telpon dari Kec. Candisari, saya harus memperpanjang KTP lama dulu dan didenda Rp. 50 ribu, baru kemudian e-KTP.. bukankah hal semacam ini justru memperpanjang proses dan mengurangi motivasi masyarakat untuk e-KTP...
Demikian, terimakasih atas jawabannya..
PS: ada notifikasi via email gak kalo pertanyaan saya sudah dijawab, makasih..

Jawab :
- Sebaiknya saudara melakukan perpanjangan KTP dulu, baru kemudian melakukan perekaman E-KTP. Karena syarat untuk pembuatan E-KTP adalah menunjukkan KTP yang masih berlaku.
- Untuk denda keterlambatan pengurusan KTP yang masa berlakunya habis Rp. 50.000,- sesuai dengan Peraturan Walikota No.3 Tahun 2011

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Cita (2013-11-09 12:52:39)

Salam,

Pak, saya mau tanya. KTP saya berasal dari sumatera dan saya saat ini bekerja di semarang. saya ingin membeli kendaraan disemarang dan butuh KTP semarang. boleh kah saya membuat KTP baru di semarang? apa syaratnya? terima kasih

Jawab :
Saudara harus mengurus Surat Keterangan Pindah dari daerah asal saudara, kemudian didaftarkan di Disdukcapil untuk diproses penerbitan KK dan KTP sesuai dengan prosedur Pindah Datang yang telah ditentukan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Sisca (2013-11-08 03:14:58)

Assalamu'alaikum, selamat siang pak.,,,
Saya selama 30 th tdk punya akta kelahiran, Yg saya punya hanya KK dr keluarga, Dan saya telah menikah, sudah bikin akte kelahiran anak pake Nama saya Yg tertera Dalam KK. Mulai thn 2001 Saya telah bekerja keluar negri, karna saya Bln ckp umur Nama saya diganti jd Yg sekarang ini. Dan dituakan supaya bisa kerja ke LN. Syarat apakah Yg dibutuhkan untuk bikin akte kelahiran, dan proses ganti Nama karna semua ijazah, Surat cerai,KK , akta kelahiran anak saya pake Nama saya Yg dl. !! Saya mohon banget jawaban dr bpk,,, trimakasih banyak saya ucapkan

Jawab :
Kami sarankan saudara datang ke Dinas dengan membawa semua dokumen yang saudara miliki guna dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Chairul Anwar (2013-11-01 09:20:58)

Pak, saya mau tanya apa saja persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mengurus Surat Pindah dari Semarang ke Depok... bagaimana prosedurnya serta berapa lama kepengurusannya.
terima kasih

Jawab :
Prosedur Surat Keterangan Pindah dari Semarang ke Depok, saudara mengajukan permohonan pindah di Kelurahan untuk kemudian didaftarkan di TPDK Kecamatan setempat dengan dilampiri :
- Formulir permohonan pindah.
- Foto 4x6 sebanyak 4 lembar.
- KK dan KTP asli.
- Biaya Surat Keterangan Pindah Rp. 10.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

M. Chairul Anwar (2013-11-01 06:55:05)

Selamat siang, saya merupakan warga Gunung pati Semarang, dan berdomisili di Jakarta. Rencananya bulan ini saya menikah dengan wanita Depok ( Jawa Barat). Usai menikah saya berencana mau cabut berkas, guna mengurus pembuatan KTP serta Kartu Keluarga di wilayah Depok. namun saya masih belum tahu mengenai prosedur serta persyaratannya. kiranya dapat dibantu infonya, bisa dikirim via email saya di chairul_anwar15@yahoo.com
Terima kasih

Jawab :
Prosedur Surat Keterangan Pindah dari Semarang ke Depok, saudara mengajukan permohonan pindah di Kelurahan untuk kemudian didaftarkan di TPDK Kecamatan setempat dengan dilampiri :
- Formulir permohonan pindah.
- Foto 4x6 sebanyak 4 lembar.
- KK dan KTP asli.
- Biaya Surat Keterangan Pindah Rp. 10.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang