DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Anggita Cahya Amanda (2018-07-03 19:45:40)

Kan saya mau memindahkan KK ke KK bapak jadi bapak sama ibu sudah bercerai la saya ikut KK ibu dijepara jika saya pindah ke KK bapak semarang syaratnya apa saja?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

permohonan pindah dari RT/RW Kelurahan dan didaftarkan di TPDK Didsukcapil Kecamatan degnan membawa KK,KTP asli,dan data kependudukan laiinya, surat nikah, beserta ijazah terbaru

Achmad sakri (2018-07-03 18:07:53)

Saya warga semarang kemarin bln mei memperbaharui status saya n istri serta bikin KK baru...
kk sudah jd dan sudah saya terima,yg saya tanyakan apakah KTP saya sudah jd apa belum soalnya blum ada konfirmasi sampai sekarang... Terima kasih..

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

bukti pengambilan KTP Elektronik tanggal brp?silahkan tanayakan langsung ke petugas yang melayani saudara

Vicha (2018-07-01 00:18:15)

Maaf mau bertanya, di data saya kok tertulis data KTP-el tidak ditemukan. Padahal saya sudah punya e-ktp th 2012 yg expired th 2017. Apa perlu diperbaharui atau bagaimana? Takut dipermasalahkan saat mendaftar cpns. Terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara datang ke dinas dengan membawa KTP saudara, tidak perlu diperpanjang sudah otomatis seumur hidup,

Azi (2018-06-30 10:29:47)

Yth Bapak/ibu dispendukcapil kota Semarang saya warga kota Semarang akan pindah kependudukan ke kabupaten Ungaran syarat yang diperlukan apa saja atau bisa langsung mengurus ke dispendukcapil kota Semarang/kabupaten Ungaran,terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saduara mengajukan surat permohonan pindah dari RT/RW KElurahan dan Kecamatan degnan membawa data kependudukan dan ijazah yang saudara miliki dan tempat tujuan

danu jiwa pratama (2018-06-29 21:08:23)

maaf numpang tanya jika sudah bercerai memisahkan KKnya gmn caranya. dan syarat2nya apa. terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

pengajukan pemecahan KK melalui pengantar RT/RW kelurahan dan Kecamatan dengan membawa surat cerai dari pengadilan /hak asuh anak dengan membawa KK asli dan KTP serta datakepednduukan laiinya

Ahmad afriyanto (2018-06-28 23:00:37)

Maaf numpang tanya
Gimana cara mengurus akte kelahiran anak lahir diluar nikah
Dan kalau dimasukan kk saudara bisa tidak
Mohon informasi syaratnya apa saja
Tadi saya kedisdukcapil bonang demak jateng
Tapi ditolak dan tidak dikasih solusi katanya tidak bisa,di urus
Sementara anak secara undang undang kan di lindungi hak hak nya
Mohon solusinya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

akta kelahiran diterbitkan berdasarkan domilisi ibu, akta anak tertulis anak ibu,Persyaratan untuk pembuatan Akta Kelahiran di KOTA SEMARANG : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Asli dan Fotokopi KK, fotocopy KTP-el orang tua dan pemohon. 5. Fotokopi ijasah terakhir. 6. Mengisi formulir di Dinas/TPDK disdukcapil Kecamatan. 7. surat kehilangan dari kepolisian (apabila hilang).

Heningtyas (2018-06-28 11:32:57)

Selamat siang,
Saya mau menanyakan apakah bisa foto d ktp saya d ganti?
Sebelumnya foto saya d ktp tanpa jilbab, dan ingin saya ganti menggunakan jilbab, apakah bisa d ganti? Kalau bisa Bagaimana caranya??? Mohon informasinya dengan jelas..

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

mohon maaf belum bisa

rangga dhika (2018-06-28 11:14:08)

mau print KTP sementara syarat nya apa saja? suwun

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan mengajukan pencetakan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil Kecamatan degnan membawa KTP lama/surat keterngan sementara dan fotocopy KK

Rosit (2018-06-28 10:15:38)

Jika ejaan nama ibu kandung di akta kelahiran anak dan KK berbeda, untuk pengurusan pernikahan di catatan sipil menggunakan nama dalam akta atau KK yg sudah menggunakan ejaan baru? Terimakaaih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

segera diurus disamakan dengan akta kelahiran, di TPDK Disdukcapil Kecamatan dengan membawa Akta kelahiran dan KK asli, fotocopy dan data kependudkan lainnya termasuk ijazah sekolah, pengurusan pernikahan menggunakan nama orang tua yang sama dan sesuai akta kelahiran dan akta kelahiran ibu/nama sebenernya

Heri (2018-06-27 05:25:31)

Mau tanya, kertas pengambilan eKTP saya hilang
Apakah saya bisa mengambil eKTP dgn membawa KK/akta kelahiran ?? Mohon solusinya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

bisa dengan membawa KK dan Akte kelahiran dan diingat kapan tanggal mendaftarnya

Laili Ana rahmawati (2018-06-26 18:28:25)

Mohon pembuatan e-ktp dipercepat , ngurus apa2 susah kalo gak pake ktp . Dari januari 2017 sampai sekarang kok belum jadi2

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

pendaftaran 2017 untuk didaftarkan lagi dit ahun 2018, dengan membawa surat keterangan sementara/fc. ktp dan fc. KK di TPDK Disdukcapil Kecamatan

Rullyanto (2018-06-26 17:05:40)

Maaf mau tanya, syarat² untuk pembuatan KIA anak usia diatas 5 Thun apa aja pak/buk?
Matur suwun

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Persyaratan Kartu Identitas Anak (KIA) 1. akta kelahiran asli + fotocopy 2. KK orang tua + fotocopy 3. KTP asli kedua orangtua + fotocopy 4. Foto 3x4 untuk genap background berwarna biru, ganjil warna merah (umur 5 tahun ke bawah tdk perlu) *Pendaftaran oleh orangtua kandung di Disdukcapil Kota Semarang

mayo cintaraasih (2018-06-26 16:50:51)

selamat sore
saya sedang mengurus surat pindah dari semarang ke kabupaten malang dan diinfokan 14 hari kerja surat keterangan pindah sudah jadi.saat saya urus di TPDK kecamatan pedurungan, KK asli saya diambil oleh petugas. yang ingin saya tanyakan
1.apakah saat surat keterangan pindah jadi ,KK baru otomatis juga jadi?
2. kalau tidak otomatis brarti harus pengajuan perubahan KK untuk menghilangkan nama saya dari daftar KK, apa saja syaratnya.trimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

1. benar dikeluarkan surat pindah dan naama di KK akan terhapus.

Aliq Burhani (2018-06-26 08:46:24)

KTP saya hilang, sudah melakukan pengurusan di kecamatan tugu, sudah menunggu selama 2 bulan, tapi belum jadi, selalu di jawab oleh petugas kalau blangko e-KTP habis, benarkah demikian?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

setiap pendaftar KTP Elektronik diberkan resi/bukti pengambilan, pencetakan KTP berdasarkan antrean

Doni fajar purnomo (2018-06-26 05:40:24)

Misi min,ini nama saya di Kartu keluarga,akta kelahiran beda sama di KTP dan ijazah saya....gimana ya cara pengurusannya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara urus di TPDK Disdukcapil Kecamatan dengan membawa data kependudukan dan ijazah yang saudara miliki

mayo cintaraasih (2018-06-25 16:51:37)

selamat sore, saya mau bertanya. saya sedang mengurus surat pindah domisili dari semarang ke kabupaten malang jawa timur. apa saja syarat yg diperlukan untuk pengurusan di disdukcapil semarang? apakah perlu juga melampirkan skck? terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

pengajuan surat pindah melalui RT/RW Kelurahan dan didaftarkan TPDK DIsdukcapil Kecamatan dengan membawa data kependudukan yang sudara miliki dan ijazah

Ginanjar Ratih (2018-06-22 04:25:35)

Mohon infonya untuk pengurusan e KTP yg hilang ..apakah perlu surat pengantar dari RT RW kelurahan????? Bagaimana prosedur dan syarat nya?
Terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

surat kehilangan dari kepolisian, fotocopy kartu Keluarga, fc KTP didaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan

Rostrivia evelyn diaz (2018-06-21 16:49:52)

Mau tanya..ktp sy kan hilang, sy sdh urus dpt surat keterangan yg masa berlakunya 6bln..sampe sdh perpanjangan 2x kok masih blm jadi juga ya ktpnya? Sy masih dminta nunggu lagi 1 bln..selama itukah proses cetaknya?
Dan syarat kia usia lbh 5th dgn menyertakan foto berwarna 2x3 background tertentu atau bebas ya?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

daftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan dengan membawa surat keterangan sementara dan fotocopy Kartu Keluarga, Pencetakan berdasrkan antrean cetak dan diberikan resi /bukti pengambilan sewaktu mendaftar, untuk KIA foto background biru genap dan merah ganjil

trie aji sulaksono (2018-06-21 00:44:29)

ma'af mau tanya info,saya sudah buat KTP pengganti di karenakan KTP saya hilang dan sudah perpanjangan 1 kali. dan yg mau saya tanyakan KTP pengganti yg seharusnya sudah perpanjangan lagi ini terlambat beberapa bulan karena lupa,apakah pengurusannya nanti kena denda??

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

semua pengurusan data kependudukan GRATIS

Putri Sulung (2018-06-20 17:33:46)

Assalamualaikum.
Saya mau tanya, kalo ktp rusak minta gantinya / ngurusnya ke kantor mana ya?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

di TPDK Disdukcapil Kecamatan KTP yang rusak dan foctocpy Kartu Keluarga