DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Imam wahyudi (2018-06-18 09:49:07)

Slmt pagi,mau ty sya ngrus akte kelahiran udh jd tp da 1 nm yang salh...trs sya bnrke lg tp hmpr 4 bln smp skrg kok blm jd,yg sy mau tykn gimna cr mengecek kl akte ank saya udah jadi gk usah lgsg ke kntor catatan sipil

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara tanyakan lagnsung dengan membawa bukti pendaftarannya di dinas

reza (2018-06-13 19:42:30)

Saya reza dari jepara, saya mau ngelamar kerja disemarang kalau mau buat surat keterangan domisili Untuk melamar pekerjaan syaratnya apa aja dan biayanya berapa,, masa berlaku surat domisili berapa lama??

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-SURAT-KETERANGAN-PENDUDUK-NON-PERMANEN-(SKPNP)-BEKERJA-&-PENDIDIKAN

Aden (2018-06-10 21:16:34)

Malam, maaf mau tanya. Cara dan syarat untuk melakukan revisi salah nama pada KK dan Akte anak saya bagaimana ya?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara mengajukan pengajuan perubahan nama di Dinas degnan membawa data dukung dan data kependudukan lainnya

Yudha hendriyatmoko (2018-06-07 23:12:14)

Asalammualaikum wr. Wb selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua. Saya mau menanyakan perihal no kk saya tidak terdaftar di catatan sipil di tempat saya tinggal (kendal). Namun saya melakukan pengaduan perihal akta kelahiran muncul nama saya selaku kepala keluarga istri dan anak saya. Ketika saya regristasi untuk pengaktifan nomor kuota tidak bisa dan dapat jawaban "no kk anda tidak cocok dengan nik. Segera hubungi capil terdekat" kk saya baru jadi tgl 31 mei 2018. Dan saya dapat masukan dari tetangga memang setelah jadi 1 bulan baru bisa karena blm terdaftar kepusat. Mohon pencerahannya. Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara tanayakan langsung ke disdukcapil kendal jika saudara berdomisili di kendal

fahira (2018-06-06 22:15:39)

selamat malam pak, akta kelahiran saya hilang pak jika saya mengurus berapa lama siapnya ya pak?, karena saya mau melamar kerja pak jadi butuh banget

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Persyaratan untuk pembuatan Akta Kelahiran di KOTA SEMARANG : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan. 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Asli dan Fotokopi KK, fotocopy KTP-el orang tua dan pemohon. 5. Fotokopi ijasah terakhir. 6. Mengisi formulir di Dinas/TPDK disdukcapil Kecamatan. 7. surat kehilangan dari kepolisian (apabila hilang).

Dimas arif (2018-06-06 14:32:50)

saya mau tanya, masa berlaku SKP saya dari daerah asal tertulis 30 hari. apakah itu dihitung 30 hari normal (senin-minggu) atau 30 hari kerja (senin-jumat)? mohon infonya
karena surat pindah saya tertanggal 25 mei 2018, sedangkan saya baru bisa urus setelah hari raya sekitar tanggal 25-30 juni 2018 (karena menunggu SKP dari istri di kota asalnya).
apakah pada saat saya mengurus (antara 25-30 juni) sudah dikatakan kadaluarsa?
mohon jawabannya secepatnya, terima kasih atas bantuannya..

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

segera urus perpindahan saudara di TPDK Disdukcapil Kecamatan, 30 hari kerja

Yanti (2018-06-05 14:25:28)

Selamat siang pak,maaf mau tanya e KTP saya fotonya sudah buram apakah kalau menggantinya butuh waktu yang lama atau bisa langsung jadi pak, dan dimanakah bisa mengurusnya apakah di kecamatan atau Dispenduk Semarang, KTP Semarang Selatan ,kerja di Jogja , saya tanya Dispenduk Jogja kok tidak bisa ya pak,katanya harus ke smg. Terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

tukarkan KTP elektronik saudara yang rusak di TPDK Disdukcapil Kecamatan Semarang Selatan dengan membawa fotocpy KK

Uli (2018-06-05 09:30:54)

Selamat Pagi Bapak/Ibu
Izin bertanya,
Saya Uli, asalnya dari Medan. Dulu sempat kuliah di Semarang. Karena kebutuhan pembuatan SKCK, saya diminta Kelurahan Tembalang memberikan Surat Pindah dari Medan ke Semarang (syarat agar diberikan surat pengantar pembuatan SKCK).

Setelah surat pindah selesai di proses di Medan, saya mengirimkannya ke Kantor Kelurahan Tembalang. Tapi saya sudah pindah kuliah ke Jakarta. Jadi surat pindah ke semarang hanya saya kirimkan ke kantor kelurahan.

Sekarang data saya di KK orangtua saya di Medan sudah dihapuskan. Dan yang saya punya hanya fotokopian Surat Pindah. Kalau saya mau minta surat pindah dari Semarang kembali ke Medan apa yang harus saya siapkan? Dan kemana saya harus mengurusnya?

Terima kasih Bapak/Ibu atas perhatiannya.
Salam,
Uli

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

sebaiknya silahkan saudara cek terlebih dahulu data saudara di TPDK Disdukcapil Kecamatan atau langsung ke DInas dukcapil Jl. Kanguru raya no3 semarang, permohonan surat pindah melalaui RT/RW kelurahan dan kecamatan.

dahlia (2018-06-04 13:13:40)

perlukah perpanjangan E KTP jika mau ke luar negeri??dimana mengurus nya??terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KTP Elektronik berlaku seumur hidup Surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 470/296/SJ

joko supriyanto (2018-06-04 04:05:25)

gimana caranya menghapus nik ganda?apa bisa di hapus melalui onlain dukcapil setempat? dan persyaratannya apa saja? terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara datang ke disdukcapil jl. kanguru raya no.3 semarang dengan membawa data kependudkan yang saudara miliki

Serasharena (2018-06-03 14:15:18)

Rumah orang tua saya sudah pindah, saya sekarang tinggal di jogja. Bila saya ingin minta surat pengantar saya minta dr RT/RW ya lama atau yang baru.?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

sesuai dengan alamat di KTP/KK

agil (2018-05-29 22:02:24)

Klo perpanjang ktp berapa lama prosesnya? Dan dimana ngurusnya? Apa yg harus dibawa?
Saya agil asli semarang domisili jangli krajan

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-KTP-ELEKTRONIK-BERLAKU-SEUMUR-HIDUP-TIDAK-PERLU-DIPERPANJANG-SELAMA-TIDAK-ADA-PERUBAHAN-DATA KTP lektronik seumur hidup, mengurus di TPDK Disdukcapil dengan membawa KTP lama dan fotocopy KK

Taufik (2018-05-27 15:30:57)

Assalaamu'alaikum Wr.Wb.

Saya Taufik asal Banyumas. Saya mau memperbarui data KTP saya dari status sekarang yang masih "mahasiswa" menjadi "Sudah bekerja" apakah bisa diurus di Semarang ya pak?
Terimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

perubahan data kependudukan di Kabupaten/Kota masing2. Untuk penduduk yang akan mengurus KK atau KTP di Kota Semarang harus melampirkan : 1. Surat Keterangan Pindah Asli dari daerah asal. 2. Fotokopi akta kelahiran. 3. KK dan KTP lama 4. Fotokopi surat nikah/cerai (yang memiliki) 5. Ijasah Terakhir. Dilaporkan ke Kelurahan kemudian didaftarkan ke TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan sesuai alamat tujuan

Septi handayani (2018-05-27 10:44:50)

Saya septi dari mijen semarang barat
Saya belom punya akta kelahiran dan usia saya sudah 21, rencana mau bikin tapi lewat aplikasi eservices disdukcapil .yang mau saya tanyakan apakah ada dendanya untuk keterlambatan pembuatan akta ?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Gratis....

Marga (2018-05-26 05:40:35)

saat akan registrasi no 3, no saya diblokir dg pemberitauan no KK salah. padahal saya sdh input ssuai dg lembar KK.dg NIK 3322184803930003 dan no KK 3374111312170009 . bisa tolong dicek, no KK salah cetak ato bagaimna ?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara cek di Disdukcapil nomor KK terbaru, dikarenakan nomor KK saudara bukan itu

Eko mujiyono p (2018-05-25 20:33:52)

Selamat pagi, untuk mengurus akta nikah di dukcapil kota semarang, saya nikah 14 april 2018, adakah batas / masa aktif , untuk mengurus ke dukcapil? (Berapa bulan,? dari terhitung tanggal menikah )Dgn membawa bukti dari gereja.terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

secepatnya silhakan segera di urus, http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/halaman-akta-perkawinan

Novita (2018-05-25 17:32:28)

Maaf mau tanya.. Proses pembuatan KK baru butuh waktu brp lama ya pak? Saya dijanjikan 2 minggu ini sdh 1 bln kok blm jadi.. Pdhl mau saya pake untuk persiapan kelahiran anak

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara tanyakan langsung ke petugas penerima pendaftaran KK tsb,

Yuniar (2018-05-25 15:00:03)

Selamat siang, mau nanya
1. Kartu keluarga, Kepala Keluarga sdh meninggal, 2 org anggota penduduk di KK sdh punya KK sendiri, bisakah penduduk yg tinggal 1 orang melakukan perubahan KK baru
2. Atau di gabung dengan KK keluarga lainnya (adik)
3, Bgmana dengan kepengurusan KTP elektroniknya ( krn KK dan KTP lama sdh hilang ) yg ada hanya fotocopinya aja
4. Syarat2 apa aja untuk ngurus KK baru dan KTP baru pengganti
5. ini dilakukan untuk mengurus kepentingan kependudukan (BPJS dll)
6. alamat di kelurahan jagalan, ikutnya dindukcapil mana ? smg tengah atau mana
7. Terima kasih, respon sangat ditunggu segera

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

1. bisa membuat KK bar ataupun numpang KK di orang lain 2. bisa 3. daftarkan saja dengan memakai NIK 4. pengantar dari RT/RW kelurahan dan didaftarkan di TPDK Disdukcapil Kecamatan dengan membawa data kependudukan lainnya, (ijazah) 5. bisa seetelah KK dan KTP jadi 6. semarang tengah 7. segera diurus sendiri , gratis

Santi Widyastuti (2018-05-25 13:05:55)

Saya warga Tembalang, dijanjikan KTP elektronik jadi di minggu ke-3 Mei 2018, saya cek ke kelurahan belum jadi padahal sudah 6 bulan. Dimana saya bisa mencari informasi progress KTP eloktronik saya?? Terima kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan cek di Tempat saudara mendaftar dengna membawa KTP dan KK dan bukti pendaftarannya

idhe (2018-05-25 07:05:34)

selamat pagi

saya mau tanya ,kalau minta legalisin KK dan KTP itu syarat yang harus di bawa apa saya ya ?
dan ada biayanya tidak?

terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

legalisir dapat dilayani di DIsdukcapil Kota Semarang jl. kanguru raya no.3 semarang dengan membawa KK dan KTP aslinya, GRATIS