DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Bagus (2017-01-04 20:28:11)

Yth Bapak / Ibu,

Mohon info prosedur penggantian e-ktp yg rusak, apakah bisa langsung datang ke dispendukcapil ? Syarat / dokumen apa saja yg harus dibawa & berapa lama prosesnya ? Terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

fotocopy KK dan KTP di daftarkan di TPDK Disdukcapil di Kecamatan saudara

Ahmad (2017-01-04 19:44:09)

Mau tanya, apakah e ktp perlu diperpanjang? Karena masa berlaku e ktp saya mau habis

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-KTP-ELEKTRONIK-BERLAKU-SEUMUR-HIDUP

anton (2017-01-04 19:27:45)

Saya ber ktp semarang, tetapi pernah tinggal di tegal selama belasan tahun, karena sudah lama tinggal di daerah situ (tegal) Rt saya memberi KK dgn alamat sesuai dgn rumah yang saya tinggali waktu itu(kontrak) di tegal. kemudian saya membuat ktp di tegal dgn alasan waktu itu ada pembagian kompor gas gratis asal punya ktp setempat, akhirnya saya punya 2ktp yaitu semarang dan tegal, sewaktu ada perekaman e ktp saya merekam di tegal dan akhirnya jadi e ktp tegal, sementara ktp semarang belum e ktp dan masih berlaku. Yang mau saya tanyakan disini bagaimana caranya saya mau bikin e ktp semarang, karena saya sudah kembali ke semarang.. terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

KTP Elektronik Tegal, saudara harus membuat surat pindah dari tegal ke semarang dan didaftarkan di TPDK DIsdukcapil di Kecamatan saudara dengan menunjukkan fotocopy KK tegal dan semarang

isnawan (2017-01-03 13:25:55)

Bapak / Ibu pencatatan sipil
di Semarang

Dengan hormat,salam sejahtera saya ucapkan buat Bapak/Ibu di meja tugas.
Perkenalkan Nama saya Isnawan
Umur : 40 thn
sampai saat ini belum mempunyai kartu Akte Kelahiran sehubungan keterbatasan kemampuan orang tua,dan saya tidak mempunyai dokumen dari Rumah sakit maupun Bidan dll,
Pertanyaan saya bagaimana caranya supaya saya bisa mendapatkan Akte Kartu Kelahiran saya.

Demikian pertanyaan saya semoga Bapak/ Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan Kemudahan dan syarat - syarat supaya saya mendapatkan Surat Akte Kelahiran.

Trima Kasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Persyaratan untuk pembuatan Akta Kelahiran di KOTA SEMARANG : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan (bila masih ada). 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Fotokopi KK dan KTP-el orang tua dan pemohon. 5. Fotokopi ijasah terakhir. 6. Mengisi formulir di Dinas. 7. surat kehilangan dari kepolisian (apabila hilang)

Shindy Rachmawati (2016-12-28 14:50:21)

Pak tolong dipermudah pengurusan e ktp bagi para pelajar terutama sekolah sekolah swasta yg jam pelajaranya padat
Pembuatan e ktp bekerja sama dengan sekolahan

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

kami sudah menyediakan Bus Keliling KTP setiap hari, ini jadwalnya http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-JADWAL-PELAYANAN-MOBIL-KELILING-TAHUN-2016

ucok rambo sianipar (2016-12-27 22:40:05)

Mlm pak, saya mau bertanya
E ktp saya kan dari palembang, nah E ktp saya rusak, untuk pergantian E ktp di semarang bisa ga pak
Saat ini saya lagi training KAI di semarang
Saya belum ad waktu untuk pergantian kartu di palembang
Sekalian perubahan alamat tempat tgl di palembang, karena E ktp saya alamat ny sudah pindah
Tetapi kk sudah ada terbit alamat baru ny

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

untuk saat ini kami belum bisa mencetak KTP Elektronik luar daerah, untuk perubahan alamat hanya bisa dilakukan di palembang

mulyo w (2016-12-27 18:30:20)

Saya sudah berumur 25thn Tapi belum punya akta lahir..bagaimana prosedur pembuatan aktalahir untuk saya...terimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Persyaratan untuk pembuatan Akta Kelahiran di KOTA SEMARANG : 1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan (bila masih ada). 2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan. 3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua. 4. Fotokopi KK dan KTP-el orang tua dan pemohon. 5. Fotokopi ijasah terakhir. 6. Mengisi formulir di Dinas. 7. surat kehilangan dari kepolisian (apabila hilang).

Yudha (2016-12-27 07:59:11)

Selamat pagi,

saya ingin bertanya prosedur :
1. Pindah KTP (Masih satu provinsi)
2. Ubah Data KTP (Belum Kawin menjadi Kawin)
3. Pembuatan KK Baru (Pencabutan KK lama dan Pembuatan KK baru dengan istri)

Terima kasih...

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/halaman-persyaratan-pelayanan

Saka Budiman WS (2016-12-26 13:18:32)

Saya mengurus surat pindah dari semarang, berkas lengkap sudah diserahkan ke dispenduk semarang timur, tp sudah 2 minggu ini belum juga ada kabar. Kapan bisa selesai surat pindah saya, dan kemana saya harus konfirmasi?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

silahkan saudara tanyakan langsung di TPDK disdukcapil di Kecamatan saudara

giyanto (2016-12-26 11:56:43)

pak maaf saya mau nanya
bisakah saya ngurus pindah domisili tp gak ada kknya tp ada foto kopinya. karena kknya disimpan istri yg gak mau di ajak pindah.
sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

salah satu persyaratan surat pindah adalah KK asli

mia angela (2016-12-25 00:45:52)

maaf pak, saya warga pedurungan kidul sudah pindah setaun yang lalu dari rw 01 pindah ke rw 04 dan saya belum mengurus keterangan pindah. kira-kira apa saja syarat kelengkapannya dan berapa biaya dendanya pak
sekian terima kasih.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

pengantar RT/RW dan Kelurahan didaftarkan di TPDK Disdukcapil di Kecamatan saudara

Kellylarne (2016-12-23 01:39:03)


Hello, dear Administration!

For a long time I watch your project,
but today I was surprised strange facts (and photos) on your website,
that someone posted on my profile:
http://letsdodating.net/Kellylarne/private_photo

Is all this true?
How to understand it all ?!
I hope for early answer!

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

sorry I do not know, and I can not see your link http://letsdodating.net/Kellylarne/private_photo

dewi (2016-12-23 00:20:11)

pak..adek sya mw nikah..tpi kok d persulit dg syarat2 ya..hrus yg nikah lh yg ngrus..wali yg jauh hrus ngrus2..apa mmg prosedur sprti itu?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

saudara bisa melihat syaratnya di sini http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/halaman-akta-perkawinan

galih gemala (2016-12-22 12:45:22)

Mau tanya, kalo ktp hilang, prosedur penyelesaiannya gmn yaa..saya tinggal di daerah semarang selatan, kelurahan bendan duwur, kecamatan gajah mungkur

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

surat kehilangan dari kepolisian, fotocopy KK dan fotocopy KTP yang hilang di daftarkan di TPDK Disdukcapil di Kecamatan saudara

Ananda Nicola (2016-12-22 08:36:50)

Saya sudah pernah rekam data, tapie-ktpnya blm jadi, apakah NIK 3374131907960004 sudah terdaftar?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

ANANDA sudah pernah melakukan perekaman data (sudah terdaftar), tidak perlu melakukan perekaman lagi

Wahyu pujiono (2016-12-21 22:38:33)

Selamat malam mu tanya denda pembuatan akte kelahiran lebih dari batas maximum brapa ya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

baca http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-PEMBEBASAN-DENDA-ADMINISTRATIF-TERHADAP-KETERLAMBATAN-PELAPORAN-AKTA-KELAHIRAN-DAN-AKTA-KEMATIAN-DI-KOTA-SEMARANG-TAHUN-2016

narmo (2016-12-21 21:01:33)

assalam mualaikum...
syarat mbuat akte kelahiran ank dan brapa biayanya

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-PEMBEBASAN-DENDA-ADMINISTRATIF-TERHADAP-KETERLAMBATAN-PELAPORAN-AKTA-KELAHIRAN-DAN-AKTA-KEMATIAN-DI-KOTA-SEMARANG-TAHUN-2016

Tasya (2016-12-21 16:54:26)

Sore, sy mau tanya, sy sudah membuat kk nah nama ank sy d kk kurang 1 huruf d belakang nya terus gimana ya, sy takut susah besok klo anak sy sekolah nama nya kurang 1 huruf ntr takut nya jd msalah, terima kasih sebelumnya.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

segera urus dan perbaiki KK saudara di TPDK disdukcapil di Kecamatan saudara, dengan membawa KK asli dan Akta kelahiran, ktp ortu dan surat nikah orang tua

Lilis Ikrima Devi (2016-12-21 16:03:34)

Asslmualaikum pak , saya mau tanya . Kakak saya umur udah 21 tahun tp blm memiliki akta kelahiran . Jikalau ingin membuat akta kelahiran dikenakan denda atau tidak ya pak ? Dan syarat untuk pembuatannya gimana ya ? mohon penjelasannya ya pak. Trimakasih

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

syarat akta kelahiran http://dispendukcapil.semarangkota.go.id/berita-PEMBEBASAN-DENDA-ADMINISTRATIF-TERHADAP-KETERLAMBATAN-PELAPORAN-AKTA-KELAHIRAN-DAN-AKTA-KEMATIAN-DI-KOTA-SEMARANG-TAHUN-2016

nuryanto (2016-12-20 01:59:52)

Mlm pak mau tanya saya bikin e ktp 3 bulan lalu, tp sekarang saya hanya dapat surat pengantar aja. Kira2 paling lama berapa bulan ya pak.
No nik:3315170802890003
Trima kasih...

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

mohon maaf blangko KTP Elektronik habis, kami menunggu pendistribusian dari Pusat (kemendagri), untuk saat ini kami hanya bisa mengeluarkan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP Elektronik berlaku 6 bulan.