DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Esti Chomariyah (2013-10-29 02:03:58)

keluarga saya sekarang domisili d surakarta? syarat u mendapat surat keterangan pindah apa saja? terimakasih

Jawab :
Mengenai persyaratannya Saudara dapat menanyakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Tian (2013-10-27 07:59:55)

ass. pak
saya mau menanyakan syarat kalo mau ganti nama di akte kelahiran, berapa biaya yang harus saya keluarkan. mohon infonya. trima kasih.

Jawab :
- Persyaratan perubahan nama di akta kelahiran :
1. Salinan Penetapan perubahan nama dari Pengadilan atau Instansi yang berwenang.
2. Kutipan akta catatan sipil.
3. Fotokopi KK dan KTP.
- Biaya retribusi sesuai dengan Perda No.2 tahun 2012 dan Perwal No.3 tahun 2011
a. WNI Rp. 75.000,-
b. WNA Rp. 250.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dida Endra Satyanugraha (2013-10-27 02:42:41)

Ass, Pak..
Saya Endra, disini sya mau menanyakan persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat E-KTP yang terlambat.. Karena waktu pembuatan E-KTP saya masih memproses pembuatan KTP lama, sehingga tidak mendapatkan panggilan untuk mengikuti pendataan pembuatan E-KTP, mohon petunjuknya.. Trima kasih..

Jawab :
Saudara dapat segera melaksanakan perekaman data E-KTP di Kecamatan sesuai domisili saudara.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Suranto (2013-10-25 10:28:36)

Mau tanya, Saya tidak punya surat2 Semarang (KTP & KK) padahal mau menikah di Semarang.
KTP saya KTP Pekanbaru, tapi sudah habis masa berlakunya tahun 2012. Dulu tidak ada surat pindah, dan KK juga tidak dibawa (mungkin sudah hilang, karena saat disana dibawa mantan istri dan sekarang sudah loss contact).
Akta lahir juga sudah hilang sejak lama (karena memang tidak tau keberadaan keluarga), dulu KTP juga dibantu RT setempat (Pekanbaru) pada proses pembuatanya (tidak tau asli/tidaknya, tapi bisa urus surat kawin-cerai saat disana, jadi mungkin asli).
Pertanyaan saya, apa bisa mengurus semuanya disini? bila tidak bisa diurus disini, saya harus bagaimana? tolong dibantu. Trimakasih sebelumnya.

Jawab :
Kalau bukan penduduk Semarang mau membuat KK dan KTP Semarang, persyaratannya :
1. Surat Keterangan Pindah dari tempat asal yang diterbitkan Disdukcapil setempat.
2. Fotokopi surat nikah/surat cerai.
3. Fotokopi ijasah.
4. Fotokopi akte kelahiran.
5. SKCK dari daerah asal.
6. Mengisi formulir yang disediakan di kelurahan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Adnan (2013-10-23 04:08:23)

Bagaimana cara membuat E-KTP yang hilang?
Terima kasih...

Jawab :
E-KTP yang hilang prosedurnya saudara harus mengurus surat kehilangan dari Kepolisian sebagai syarat pembuatan KTP non elektronik, dan minta surat keterangan dari Kelurahan bahwa sudah melakukan perekaman data E-KTP, dan surat keterangan itu dapat digunakan untuk proses cetak E-KTP setelah kewenangan cetak E-KTP sudah diserahkan dari Pemerintah Pusat ke Pemkab/Pemkot.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Fahmi Reza (2013-10-23 02:41:26)

Pak, mau tanya, akte kelahiran saya hilang, dan juga tidak punya fotocopinya, bagaimana pengurusannya pak...?
Terima kasih

Jawab :
Kami sarankan saudara datang ke Dinas dengan membawa fotokopi KK untuk pengecekan di database.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Oktarina (2013-10-23 02:37:41)

Pagi pak/ Bu
saya Oktarina dari Kec. Gajahmungkur
saya mau bertanya mengenai e-KTP

Sy dulu tinggal di kec.Smg Barat
Dan melakukan perekaman data e-ktp di kec. Semarang barat.
Kemudian sy menikah dan pindah ke kec. Gajahmungkur. Sya sdh mengurus KTP (biasa) yang baru di kec. Gjah mungkur, KK jg sdh punya.
Setelah e-ktp jadi sy diminta pihak RW (dr Kec. Semarang Barat) untuk mengambil e-ktp. Karna menurut sy data di e-ktp salah(skrg sys dh menikah dan pindah alamt) mau tidak sy ambil. Tapi kata dr Kelurahan Krobokan perubahan dilakukan di Kec. GajahMungkur.
Jadi KTP sy diminta pak. Kalau sekarang sya mau mengganti e-ktp bagaimana pak?
Karna sy perlu ktp dengan data yg BENAR. Trims

Jawab :
Perubahan alamat maupun status di KK dan KTP saudara dilayani ditempat yang baru (Kecamatan Gajahmungkur). Sedangkan E-KTP ditempat yang lama tidak usah diambil, tetapi saudara minta surat keterangan dari Kelurahan asal (Krobokan) bahwa saudara sudah melaksanakan perekaman data E-KTP, dan surat keterangan itu dapat digunakan untuk proses cetak E-KTP setelah kewenangan cetak E-KTP sudah diserahkan dari Pemerintah Pusat ke Pemkab/Pemkot.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Siska Agustina (2013-10-22 22:46:02)

E-ktp sya sudah jadi ditempat tinggal yang lama, tp tidak boleh diambil karena saya sudah pindah. Lalu bagaimana caranya saya bisa mendapatkan E-ktp dengan alamat yang baru?

Jawab :
Untuk perpindahan alamat saudara minta surat keterangan dari Kelurahan asal (lama) bahwa saudara sudah melaksanakan perekaman data E-KTP, dan surat keterangan itu dapat digunakan untuk proses cetak E-KTP setelah kewenangan cetak E-KTP sudah diserahkan dari Pemerintah Pusat ke Pemkab/Pemkot. Sementara saudara dapat menggunakan KTP non elektronik.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dwi Setyawan,s.kom (2013-10-22 08:30:52)

terima kasih atas jawaban atas komentar saya Dwi Setyawan tgl 30 August 2013, memang data sudah kami cek semua benar, cuman yg tertulis di e-ktp kurang dengan ktp lama, yaitu titel, krn bagi kami sangat berpengaruh saat mengurus di instansi lain (e-ktp tidak ada titel sedang di kk pake titel). sedangkan ktp lama istri saya sudah habis. menurut info dari internet ktp lama tidak berlaku lagi per tgl 1 Januari 2014. apakah kami harus mengurus dan melakukan perekaman data lagi? makasih

Jawab :
- Untuk perubahan E-KTP yang menggunakan titel dapat dilayani setelah kewenangan cetak E-KTP sudah diserahkan dari Pemerintah Pusat ke Pemkab/Pemkot.
- KTP lama istri yg masa berlakunya sudah habis dan E-KTP belum jadi saudara dapat mengurus perpanjangan KTP non elektronik.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Raja Evi Marlenni (2013-10-22 03:36:01)

mohon info no.hp kabid data dan informasi kota semarang. terima kasih
dari disdukcapil kota dumai

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Rio Chrisandi (2013-10-20 15:26:31)

saya mau mengurus ktp dan kk pakai alamat a ke b tapi tidak jadi kembali lagi ke a. yang saya mau tanyakan bagaimana proses pembuatanya pak, sekian dan terima kasih

Jawab :
Kalau mengurus KK dan KTP sudah membawa Surat Pindah dan akan kembali lagi harus ada Surat Keterangan dari Kelurahan dan Kecamatan dimana Surat Pindah tersebut ditujukan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Mochamad Ari Saptari (2013-10-19 09:54:00)

Jika e ktp hilang, apakah yg bersangkutan harus datang ketempat asal ?16

Jawab :
E-KTP yang hilang harus dilaporkan ke Kepolisian guna mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan sebagai lampiran mengurus KTP non elektronik sesuai alamat domisili saudara.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Hugo Van Wieringen (2013-10-15 23:07:02)

Dengan hormat,
Ianya pasti bahwa aku adalah ayah dari anak dengan Patricia Diana Paramitha yang tinggal di Semarang.
Jika kalau tidak ada komplikasi, maka anak ini dilahir pada tahun 2000. Saya harap anda begitu baik untuk memeriksa kalau Patricia telah terdaftar kelahiran anak pada tahun itu. Selain itu saya ingin tahu nama dan tanggal lahir anak. Saya tinggal di luar negeri jadi saya tidak bisa datang ke kantor anda secara pribadi. Bantuan Anda akan sangat dihargai, karena hal ini berarti banyak bagi saya.
Hormat,
Drs Hugo van Wieringen

Jawab :
Setelah kami lakukan pengecekan, nama Patricia Diana Paramitha tidak terdaftar didalam database Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Ari Bagus Kurniawan (2013-10-15 21:59:21)

pak syarat nikah capil gimana.tp saya udah nikah agama katholik 2th yg lalu.apakah syarat2nya msih sprti dlu apa ada yg laen.

Jawab :
Untuk persyaratannya dapat dilihat di menu ‘Produk Layanan’ pada web kami, ditambah pas foto calon mempelai berdampingan ukuran 4x6cm (6 lembar).

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Anto (2013-10-14 13:33:28)

Mf pak lanjutannya,dan suami saya udh merasa cocok dengan nama yg baru.jd mau merubah nama baru k PN mesti ada akte kelahiran,sedangkan akte kelahiran aja hilang.gimana solusinya pak?

Jawab :
- Untuk mengganti nama harus melalui Pengadilan Negeri (PN) karena berkaitan dengan perubahan akta kelahiran, dan ijasah harus dibetulkan.
- Syarat pengurusan akta kelahiran yang hilang :
a. Surat kehilangan dari Kepolisian.
b. Fotokopi KK dan KTP.
c. Fotokopi akta kelahiran yang hilang.
d. Fotokopi surat nikah orangtua.
e. Mengisi formulir yang disediakan dinas.
- Untuk pelaksanaan sidang PN sesuai domisili pemohon.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Anto (2013-10-14 13:28:40)

Ass.ini masalah suami saya,namanya purwanto lahir di lampung,tapi setelah lulus SMA namanya di ganti sendiri dengan nama anto prastyo,alhasil KTP,akte nikah,KK semuanya dengan nama baru.cuman ijazah SD,SMP,SMA msh nama lama..akte kelahiran pun nama lama(cuman hilang) dan blm buat lg.gimana syarat membuat akte yg hilang dan sekarang tinggal d BANTEN,apa harus buat d tempat suami saya lahir?

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Keftiyah (2013-10-14 13:25:53)

Assalamualaikum wr. Wb
Sy warga ds Gebyok, kelurahan Patemon Kec. Gunung Pati,
Ingin menanyakan ttg bgmn cra mengurus sy yg hilang padahal ktp nya msh ktp yg lama ( blm elektronik). SedNgkan sy sama sekali blm pernah melakukan perekaman data e-ktp. Apakah msh bis sy mendapatkn e-ktp? Mhn penjelasan se detil detilnya. Trims

Jawab :
- Saudara disarankan untuk mengurus KTP non elektronik terlebih dulu, kemudian melakukan perekaman E-KTP di Kecamatan Gunungpati.
- Syarat pembuatan KTP yang hilang :
a. Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian.
b. Fotokopi KK dan KTP.
c. Mengisi formulir di Kelurahan.
d. Didaftarkan di Kecamatan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Ummi (2013-10-07 15:36:31)

Sy mau bertanya, bgmn cara mengurus akte (nama ayah&ibu; tercantum di akta) dgn kondisi permisalan : orang tua menikah siri awal tahun lalu, dan akhir tahun si anak lahir. Sedangkan pernikahan resmi negara baru dilakukan tahun ini saat usia anak 6bln. Sy pnh baca soal putusan MK th 2013 ttg hub ayah dgn anak hsl nikah siri bahwa nama ayah scr perdata jg dicantumkan. Aplg u/ kasus ini orang tua jg sdh menikah scr resmi negara/KUA. Syarat apa yg harus dipenuhi dan bgmn proses serta biayanya? Terima kasih

Jawab :
- Putusan MK hanya menambah pasal 43
‘Anak yang dilahirkan diluar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya, keluarga ibunya serta dengan lelaki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayah.’
- Jadi untuk penerbitan kutipan akta kelahiran anak yang dilahirkan diluar perkawinan akan tercantum hanya nama ibu saja.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Agus Warsito (2013-10-05 05:48:05)

Selamat siang Pak/Ibu, mohon petunjuk syarat untuk pembuatan akte terlambat lebih 5 tahun dan kurang dari 5 tahun serta biayanya ? Terima kasih

Jawab :
Persyaratannya sama untuk Akta terlambat lebih dari 5 tahun dan kurang dari 5 tahun, yaitu :
- Surat keterangan kelahiran dari dokter/bidan/penolong persalinan.
- Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
- Fotokopi KK terbaru.
- Fotokopi KTP orangtua yang masih berlaku.
- Fotokopi akta kelahiran anak sebelumnya.
- Fotokopi ijasah ybs bagi yang memiliki.
- Mengisi formulir yang sudah disediakan.
Biayanya :
- Bayi baru lahir : Gratis
- Umur 61 hari s/d 5 tahun : WNI Rp.50.000,- WNA Rp.250.000,-
- Umur 5 tahu lebih : WNI Rp.100.000,- WNA Rp,500.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Toha (2013-10-04 09:50:06)

Assalamualaikum.

pak mau tanya nie,saya ada teman.
dia ga punya ktp usia sekarang 22.
ibunya meninggal bapaknya minggat.
dan data2 orang tuanya hilang semua.
teman saya lahir di klaten,besar di semarang.
sekolah terakhir smp di semarang.
ijazah terakhir juga smp..

yg mau saya tanyakan
---------------------------------

bagemana syarat agar dia bisa bikin ktp semarang.
data2 seperti kk,akte kelahiran hilang semua pas rumahnya kebakaran.
jadi teman saya ga ada rekam jejak keluarganya.
dia dari kecil ikut si mbah nya.
tolong pak trims

Jawab :
- Syarat untuk membuat KK dan KTP karena tidak memiliki data :
1. Fotokopi ijasah dari Semarang.
2. KK asli si mbah nya.
3. Fotokopi Surat Kematian/Surat Keterangan Kematian ibunya.
4. Surat pernyataan dari si mbahnya kalau tidak keberatan cucunya masuk di KK-nya.
5. Surat Pernyataan Penduduk Rentan dari Kelurahan
6. Mengisi formulir di Kelurahan.
- Untuk akte kelahiran yang hilang, minta Kutipan Akte Kelahiran dimana akte kelahiran dulu diterbitkan dengan dilampiri Surat Kehilangan dari Kepolisian.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang