DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Ricardo (2014-10-01 04:38:56)

Yth Dispendukcapil Kota Semarang,
Mohon website ini ditambahkan fitur pengecekan NIK, sehingga kami bisa mengecek apakah sudah terdaftar atau belum.
Terima kasih


Jawab :
Berdasarkan UU No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dijelaskan bahwa Data Pribadi Penduduk yaitu Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal/bulan/tahun kelahiran, keterangan-keterangan, NIK Ibu kandung, NIK Ayah dan beberapa catatan penting wajib disimpan dan dilindungi kerahasiaannya oleh Negara.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Suharno (2014-09-30 09:30:41)

pak, istri saya dan saya dah rekam data di bis , depan kantor kelurahan sekayu pd tgl 28 agustus 2014. kira kira jadinya kapan, dan ambil dimna,....saya dari kelurahan miroto. waktu itu ikut pembuatan massal .


Jawab :
Bagi warga yang sudah melakukan perekaman data KTP-el, untuk hasil proses cetak KTP-el masih menunggu pendistribusian blangko dari Pemerintah Pusat.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dhiyan Setiyanto (2014-09-27 01:23:10)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yth. Bapak Mardiyanto
Selamat Pagi, saya mau menanyakan info tentang pembuatan akta kelahiran terlambat anak saya:
1. Anak saya berumur 19 bulan, apakah ada denda keterlambatannya?
2. Sebenarnya pembuatan akta itu biaya retribusinya berapa?karena saya dengar informasi yang berbeda.ada yang bilang biaya 150.000 dan ada yang bilang malah sampai 400.000.mohon penjelasannya supaya saya tidak bingung.
3. Pengurusan akta kelahiran langsung ke Kantor Dispendukcapil atau lewat Kantor Kecamatan tempat tinggal saya dulu?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Jawab :
1. Pengurusan akta kelahiran anak saudara dikenakan denda sebesar Rp. 50.000,- karena pelaporannya lebih dari 60 hari kerja.
2. Retribusi pembuatan Akta Kelahiran tidak dikenakan biaya (GRATIS) selama pelaporannya tidak terlambat (tidak lebih dari 60 hari kerja).
Biaya keterlambatan :
• Usia 61 hari s/d 5 tahun : Rp. 50.000,-
• Usia 5 tahun lebih : Rp. 100.000,-
3. Pendaftaran langsung di Kantor Disdukcapil Kota Semarang, kecuali bagi yang berdomisili di wilayah Kecamatan Banyumanik, Kecamatan Semarang Barat dan Kecamatan Ngaliyan dapat dilayani di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Kartika Hapsari (2014-09-24 07:30:47)

Yth Bpk. Mardiyanto,
Saya dan calon suami saya (WNA) akan melangsungkan pernikahan gereja bulan Desember th ini. Tetapi kami berencana mencatatkan di catatan sipil pada bulan Juli th depan, Karena masalah waktu pengurusan yang sangat mepet jika kami mencatatkan pada bulan desember (kami msh tinggal di luar negri). Mohon petunjuk apakah masih bisa kalau kami mencatatkan pernikahan kami di catatan sipil semarang 7 bulan setelah pernikahan gereja?
Terima kasih


Jawab :
Pencatatan perkawinan di Disdukcapil setelah 7 bulan pernikahan gereja bisa dilaksanakan dengan dikenakan biaya denda keterlambatan yaitu lebih dari 30 hari kerja sebesar Rp. 500.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Agus Prasetyo (2014-09-22 17:40:42)

Bpk mardiyanto saya mau tanya kapan alat cetak e ktp ada di dispendukcapil semarang?Soalnya saya pindahan dari solo.Sudah 1 tahun ini blm mendapat kabar e ktp..
Di solo saya sudah melakukan perekaman ektp..
terima kasih


Jawab :
Sampai dengan saat ini Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Indonesia masih menunggu informasi dari Pusat untuk pencetakan KTP-el.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Arum (2014-09-22 06:34:48)

Selamat siang Pak Mardiyanto dan Bu Wahyu., saya ada beberapa pertanyaan
1, saya punya anak 1 usia 5 tahun, sekarang, sudah sekolah, pertanyaanya akte kelahiran anak saya di aktenya nama ayah bukan saya tetapi mantan suami istri saya lha itu di rubah bisa apa tidak terus mengurusnya bagaimana ?mohon penjelasany
2. saya mau tanya, apakah pembuatan KK dan AKTA LAHIR di setiap kota/daerah itu berbeda beda biayanya dan untuk pembuatan KK dan AKTA LAHIR itu biayanya sebenarnya sampe berapa ya? Trutama untuk wilayah Demak, soalnya yang saya dengar kok mahal,
3. saya mau tanya,apakah pernikahan siri boleh mempunyai anak? Sedangkan status saya di ktp adalah janda,yang saya tanyakan,gimana caranya untuk mengurus akte kelahiran buat anak saya yang mau lahir nanti.
trimakasih.


Jawab :
1. Kami menyarankan sebaiknya saudara datang ke Disdukcapil dengan membawa dokumen yang saudara miliki.
2. Untuk Kabupaten Demak, kami tidak dapat menjawab karena masing-masing daerah memiliki Perda dan Perwal mengenai biaya retribusi.
Kalau di Kota Semarang pembuatan Akta Kelahiran tidak dikenakan biaya (GRATIS) selama pelaporannya tidak terlambat.
Biaya keterlambatan :
> Usia 61 hari s/d 5 tahun : Rp. 50.000,-
> Usia 5 tahun lebih : Rp. 100.000,-
3. Pernikahan siri boleh mempunyai anak, hanya saja dalam proses penerbitan akta kelahiran hanya tercantum nama ibunya saja.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Alif (2014-09-22 05:13:25)

Syarat cpns kota semarang jika belum e ktp apa harus dilampiri keterangan dari kantor catpil? Mtrnwn


Jawab :
Bagi yang sudah melakukan perekaman data KTP-el tetapi belum menerima fisik KTP-el dapat minta Surat Keterangan sudah melakukan perekaman data KTP-el dari Disdukcapil sebagai lampiran.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Rio Sanjaya Putra (2014-09-22 03:50:10)

Pak mohon solusinya..
saya lahir tanggal 17-07-1991.
seharusnya NIK di E-KTP saya tertulis XXXXXX170791XXXX..
tapi kenapa di NIK E-KTP saya malah XXXXXX170781XXXX...
apa itu salah atau bagaimana pak?
karena saya tidak mau di sangka pemalsuan umur...
mohon jawabanya segera pak?
terimakasih.


Jawab :
- Tanggal kelahiran yang ada di database kependudukan harus sesuai dengan dokumen kependudukan yang saudara miliki (akta kelahiran).

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Santi Maria (2014-09-21 14:16:24)

pak bagaimana jika nama saya di ktp tadinya bermarga dan ijazah tidak bermarga,lalu saya daftar cpns dengan nama bermarga. setelah itu saya mengganti nama di ktp sesuai ijazah. pertanyaan saya jadi bagaimana dengan nama yang terekam di sscn? apakah berubah secara otomatis? saya takut nama saya yang di ktp baru dianggap tidak sama dengan yang terdaftar online disscn apalagi jika saya lulus? mohon bantuannya. trimakasih


Jawab :
Kami sarankan saudara segera merubah data sesuai dengan dokumen yang saudara miliki.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Heri (2014-09-20 10:18:16)

Saya heri, maaf mau tanya pak.. saya warga yang sudah rekam data ektp namun belum mendapat ktp elektronik. Pertanyaannya, bila saya mau mengikuti cpns apakah cukup dengan melampirkan berkas surat rekomendasi ektp yang dilegalisir disdukcapil saja, atau juga harus melampirkan foto copy fisik ktp sementara yang dilegalisir kelurahan?


Jawab :
Saudara dapat melampirkan :
- Fotokopi KTP yang telah dilegalisasi.
- Surat Keterangan sudah melakukan perekaman e-KTP yang bisa diminta di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Vega Mahardhika (2014-09-19 12:44:12)

mau tanya syarat2 apa saja yg dbutuhkan untk pindah penduduk
saya dr yogyakarta mau pindah semarang
terima kasih


Jawab :
- Kedatangan penduduk dari luar kota menjadi penduduk Kota Semarang persyaratannya sebagai berikut :
1. Asli Surat Keterangan Pindah dari daerah asal.
2. Asli SKCK dari daerah asal.
3. Fotokopi akta perkawinan/akta perceraian.
4. Fotokopi akta kelahiran.
- Prosedurnya yaitu Pemohon melaporkan pada RT dan RW untuk mendapatkan surat pengantar, kemudian dibawa ke Kelurahan untuk mengisi formulir selanjutnya didaftarkan pada TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan sesuai dengan alamat dituju.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Lea (2014-09-19 04:04:01)

bapak kepala dinas dan kependudukan dan pencatatan sipil kota semarang yang terhormat .
tolong dong tingkatkan pelayanan di kecamatan untuk melayani para masyarakat
pak suami saya pindahan dari ungaran sudah mengurus semua berkas di kelurahan dan kecamat untuk membuat kk dan ktp setelah 3 minggu ktp dan kk sudah jadi tetapi ktp suami saya belum jadi .setelah pengambilan ktp dan kk suami saya di beri pemberitahuan untuk mengambil ktp nya yg belum jadi untuk di ambil 1 minggu lagi ,,baru hari ini saya sendiri yang balik ke sana untuk menggambil ktp tetapi pak ktp suami saya tidak ada malah ada salah satu petugas bilang kalo suami saya belum kasih foto padahal suami saya sudah bawa foto saya dan suami saya dan jadi satu sama berkas nya kemarin,malah petugas nya ngeyel kalo suami saya belum kasih foto pak ,,identitas tu penting loh pak,,kalau pun memang belum jadi ya bilang saja pak padal kita udah nunggu 3 minggu utuk kk dan ktp di tambah nunggu 1 minggu lagi untuk ktp suami saya yg belum jadi ,tp hari ini giliran mau ambil ternyata ktp nya gak ada ..
terimakasih atas kesempatanya untuk menulis kritik dan saran pak ..
wasalammualaikum WR.WB


Jawab :
Kami mengucapkan terima kasih atas masukan saudara, dan untuk lain kali bisa disebutkan domisili saudara agar dapat ditindak lanjuti untuk pembinaan staf kami yang ada di TPDK Kecamatan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Bambang (2014-09-19 01:32:48)

Selamat Pagi Pak..
Saya Semarang, ada yg ingin saya tanyakan terkait legalisir eKTP untuk syarat daftar CPNS 2014. Point2 yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apakah surat edaran ato sejenisnya terkait legalisir eKTP sdh resmi ada?
2. Misal kalau blm ada, jadi legalisir dilakukan di Catatan Sipil, lalu knp jam 11 siang sudah distop krn membludaknya antrian.
Terimakasih Pak atas perhatiannaya


Jawab :
Perlu kami sampaikan bahwa Surat Edaran resmi perihal Pendelegasian Penandatanganan Lagalisasi Fotokopi KTP Kepada Lurah khusus untuk persyaratan pendaftaran CPNS formasi tahun 2014 telah didistribusikan. Sejak tanggal 15 September 2014 penandatanganan legalisasi fotokopi KTP calon pelamar CPNS dapat dilakukan oleh Lurah setempat.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Eka Sri Lestari (2014-09-18 23:11:19)

Pak saya bru pindah wilayah,, saya mau daftar PNs tidak bisa karena bermaslah dengan NIK saya sudh menghubungi pihak capil n camat disana data2 saya ada,,.gimana pak mhon solusi


Jawab :
Mengenai permasalahan ini saudara bisa lihat pada link https://panselnas.menpan.go.id/index.php/2-uncategorised/429-pengaduan

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Dinda (2014-09-18 07:01:38)

Selamat sore pak, saya kemarin Tgl. 17 September 2014 ke kantor Kelurahan, sesampainya disana pegawai Kelurahan menyampaikan legalisir di Capil. Hal ini membuktikan tidak sampai surat edaran ke Kelurahan tersebut, atau memang belum di edarkan. Bentuk surat edarannya seperti apa, nomor edaran, tgl. dan disampaikan melalui apa yah? sehingga kelurahan tersebut masih saja menyuruh Legalisir di Capil. Mohon informasinya tetang Edaran tersebut, klo bisa di sampaikan di Website ini biar pegaawai kelurahan juga bisa membacanya. sekian dan terimakasih.
dinda-semarang


Jawab :
Perlu kami sampaikan bahwa Surat Edaran resmi perihal Pendelegasian Penandatanganan Lagalisasi Fotokopi KTP Kepada Lurah khusus untuk persyaratan pendaftaran CPNS formasi tahun 2014 telah didistribusikan. Sejak tanggal 15 September 2014 penandatanganan legalisasi fotokopi KTP calon pelamar CPNS dapat dilakukan oleh Lurah setempat.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Rian (2014-09-18 06:55:07)

tahun 2012 saya pindah ktp dari kendal ke semarang dari kendal ktp elektronik ditarik dan saya mendapatkan ktp non elektronik semarang (dulu pernah saya tanyakan ke petugas kelurahan kok tidak sekalian diterbitkan E KTPnya, dijawab tidak apa2 ktp non elektronik juga masih berlaku, SEKARANG BARU TERKENA DAMPAKNYA SEWAKTU AKAN MELAKUKAN PENDAFTARAN CPNS 2014)
yang saya tanyakan
1. Apakah saya perlu melakukan perekaman E KTP lagi di Semarang agar mendapatkan Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Semarang atau saya harus minta Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kendal karena dulu perekaman E KTP di Kendal dan E KTP telah ditarik .
2. bagaimana solusi dari masalah saya diatas untuk mendapatkan E KTP (sudah pernah melakukan perekaman E KTP di Kendal) haruskah melakukan perekaman lagi di semarang? jika ya kapan waktunya dan dimana? karena sudah saya tanyakan ke petugas kelurahan katanya masih menunggu pengumuman dari pusat.
terimakasih.


Jawab :
- Saudara tidak perlu mengulangi perekaman e-KTP, saudara bisa meminta Surat Keterangan sudah melakukan perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dengan membawa fotokopi KTP non elektronik yang baru.
- Bagi warga yang sudah melakukan perekaman data e-KTP dan mengalami perubahan alamat/pindah untuk sementara diterbitkan KTP non elektronik. Hal ini dikarenakan e-KTP proses pencetakannya masih menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, belum dilimpahkan ke Pemerintah Kabupaten/Kota.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Diicka (2014-09-18 06:30:48)

saya pindahan dari jatim ke semarang,
dulu saya penduduk semarang dan waktu kk di cabut saya tidak tau, dan sekarang saya mengurus lagi surat pindah dan selesai, kemaren saya di beri tau sama bagian ktp dan kk dispendup, katanya saya dapat ktp non elektronik 2 minggu lagii, tapii kok saya ga di mintain foto ya?? misalkan butuh foto bisa kah saya kirim by email atau pos saja, karena saat ini saya dipindah kerja di surbaya. terus kapan saya bisa punya ktp elektronik? karena saat ini saya tidak punya kartu identitas lho... saya buat ktp mau saya buat urus sim sekalian, karena saya males ngasi duit polisi polisi jalanan yang ga tau malu kalau minta uang.. terima kasiih


Jawab :
- Untuk pas foto tidak bisa dikirim melalui email/pos, pas foto tersebut harus ditempel diformulir bersamaan dengan tanda tangan asli saudara.
- Saudara bisa melakukan perekaman KTP-el setelah mendapatkan KTP non elektronik di TPDK Kecamatan sesuai domisili saudara,dengan catatan saudara sebelumnya belum pernah sama sekali melakukan perekaman KTP-el.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Ummi (2014-09-18 05:42:57)

Saya baru saja pindah ktp dari solo ke semarang tapi saya mendapatkan ktp non elektronik semarang.
Dulu saya sudah melakukan perekaman KTP elektronik di Solo.
Sekarang saya mau mendaftar CPNS Semarang, disana tertulis syarat Pelamar yang telah melakukan perekaman KTP elektronik namun belum menerima fisik KTP elektronik ,wajib melampirkan fotocopy Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota setempat pelamar melaksanakan perekaman KTP elektronik.
Jadi yang saya tanyakan;
1. Apakah saya perlu melakukan perekaman E KTP lagi di Semarang agar mendapatkan Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota Semarang atau saya harus minta Surat Keterangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota Solo karena dulu saya melakukan perekaman E KTP di Solo.
2. Kalau saya perlu melakukan perekaman E KTP lagi di Semarang ,dimana?
Mohon informasinya bapak, terimakasih.


Jawab :
Saudara tidak perlu mengulangi perekaman e-KTP, saudara bisa meminta Surat Keterangan sudah melakukan perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dengan membawa fotokopi KTP non elektronik yang baru.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Likers01 (2014-09-18 03:23:58)

Terimakasih atas respon dan tanggapan nya. mengenai edaran tentang legalisir e-KTP di Kantor Kelurahan sejak Tgl. 15 September 2014. Semoga sudah sampai edaran tersebut di Masing-masing Kelurahan Seluruh Kota Semarang.
Matur Suwun.


Jawab :
Terima kasih juga kami sampaikan atas perhatian saudara.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Hacker (2014-09-18 02:13:15)

Kepala dinas nya tidak melihat/menge-cek web ini atau staf nya tidak menyampaikan kritikan yang ada kepada atasannya? percuma donk ada "Suara Warga" tp kritikan tidak di follow up (tdk ditindak lanjuti).


Jawab :
Perlu kami jelaskan bahwa Bapak Kepala Disdukcapil Kota Semarang selalu memantau web ini terutama permasalahan pada Suara Warga. Disdukcapil selalu menindaklanjuti permasalahan yang disampaikan melalui Suara Warga semaksimal mungkin.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang