DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Suara Warga

Silakan isi form dibawah ini untuk memberikan pendapat, saran dan kritik yang membangun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarang.

Segala sesuatu yang telah disampaikan akan dibalas oleh pihak kami yaitu Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jika belum kami jawab maka tidak akan tampil pada halaman ini.

Usahakan mengisi bagian Email dengan alamat yang valid. Dikarenakan jawaban juga akan dikirim ke email Anda.

(Tidak akan ditampilkan)
(Tidak akan ditampilkan)

Data Suara Warga

Dimitri (2013-07-28 11:01:44)

Untk pembuatan akte kelahiran diatas umur 40hr it perhtngn dendany gmn ya? Trz kalau pake jalur pemuthn msh kena denda? Dan crny gmn?
Makasi

Jawab :
Pembuatan Akta Kelahiran tidak lebih dari 60 hari kerja tidak dikenakan biaya (gratis), sedangkan untuk pengurusan Akta Kelahiran yang terlambat lebih dari 60 hari kerja akan dikenakan biaya denda keterlambatan (dapat lihat dimenu ‘Tarif’ pada web kami).

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Muhammad Arrahman (2013-07-25 01:48:05)

Pak, saya asli semarang dan menikah dgn orang bengkulu. Dulu wkt membuat kk dan ktp dibengkulu tanpa surat pindah, sedangkan sekarang data saya kk, sim dan ktp(expired2011) disemarang masih ada dalam kk ortu. Pada waktu perekaman E-KTP saya dapat 2 (dua) panggilan perekaman yakni dikota bengkulu dan semarang, karena sampai saat ini saya bekerja dan tinggal disemarang, maka saya melakukan perekaman sesuai data NIK yang ada disemarang tapi status masih single. Yang saya tanyakan adalah apakah apa syarat untuk merubah status saya, karena e-ktp saya masih ditahan oleh pihak kelurahan dgn alasan ktp yang lama sudah expired. Terus terang saya tidak bisa apa-apa tanpa e-ktp seperti teroris saja hehehe, mohon pencerahannya. Demikian singkat kata dari saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaklumi, terima kasih.

Jawab :
- Dasar permasalahan yang saudara hadapi sudah melanggar ketentuan dari UU No. 23 Tahun 2006 dan Perda Kota Semarang No. 2 Tahun 2008, bahwa setiap penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 identitas (NIK). Dalam Perda Kota Semarang No. 2 Tahun 2008 pasal 108 menjelaskan ‘Setiap penduduk dengan sengaja mendaftarkan diri sebagai Kepala Keluarga atau Anggota Keluarga lebih dari 1 (satu) Kartu Keluarga akan dikenakan sanksi pidana penjara paling lama 2 tahun dan atau denda paling banyak Rp. 25.000.000,-.
- Dengan status saudara sudah menikah di Bengkulu yang juga tidak dilaporkan di Semarang, hal ini dapat dianggap pemalsuan data. Untuk itu kami sarankan saudara untuk segera mencabut data kependudukan yang ada di Bengkulu (minta Surat Pindah dari Disdukcapil Bengkulu).

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Andreas Adiana (2013-07-23 01:56:55)

Selamat pagi bapak/ibu.
Tahun 2012 bulan Juni saya pindah dari Bontang Kalimantan Timur ke Kota Semarang kaena alasan dinas. Di kota Bontang saya sudah terdaftar pada e-ktp dan sudah dilakukan perekaman.
Saat pindah, saya dibekali Surat Keterangan Pindah dari Disdukcapil kota Bontang utk diserahkan ke Disdukcapil Kota Semarang.

Alamat baru di Semarang adalah di kel. Cabean kec. Semarang Barat. Pengurusan kepindahan dilakukan mulai dari RT setempat dengan mengisi formulir dll + melampirkan Surat Keterangan Pindah Domisili dari Disdukcapil kota Bontang.

Saat ini KTP yg saya miliki adalah KTP model lama dan belum menerima e-ktp. NIK yg tercantum dalam KTP saya adalah NIK dari kota Bontang yaitu 6474010206720009. (ternyata NIK tidak berubah meskipun pindah ke daerah lain).

Mohon informasinya kapan kira" e-ktp kami dapat diperoleh sekaligus kami ingin mengecek apakah data kependudukan kami sudah dimutasi ke kota Semarang, mengingat saat membuka website KPU, dalam DPS alamat saya masih di kota Bontang (data per 19 Juni 2013).

Terima kasih atas informasinya.

Jawab :
- Untuk NIK tidak akan berubah meskipun pindah ke daerah lain, perlu kami sampaikan bahwa data kependudukan hanya online dengan pusat yaitu Adminduk, tidak dengan KPU. Data saudara sudah terekam di Pusat tanggal 25 Juli 2012.
- Perlu saudara ketahui bahwa data kependudukan itu dinamis, dapat berubah karena ada proses kelahiran, kematian, perpindahan dan kedatangan, sedang data di KPU tidak berubah setiap saat hanya sesuai dengan kebutuhan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Cintya Setyaji (2013-07-19 06:53:52)

Pak NIK pada KK dan E-KTP saya berbeda, 3305********04 dan 3305*********03, apa masih bisa diganti/disamakan NIK nya? Saya menghendaki yang 3305********04 karena yang sesuai dg KK dan sudah masuk dalam identitas di rek.bank. Untuk mengurusnya syaratnya apa saja? TERIMAKASIH

Jawab :

Kami minta saudara datang ke Dinas dengan membawa KTP dan KK asli dilampiri dengan Akta Kelahiran dan Surat Nikah bila sudah menikah.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Fadli Rois (2013-07-16 13:45:17)

Mau bertanya pak!. Saya sebagai seorang guru di Sekolah swasta, banya dari siswa kami tidak punya Akte Kelahiran 40% hanya dengan surat keterangan lahir dari Rmh Sakit/Bidan dan Kelurahan. rata-rata keterlambatannya di atas 5 tahun, dan orang tua dari siswa keberatan untuk biaya denda Rp 100.000,- sesuai perda No.2/2012. sedangkan sekolah juga pendanaannya hanya cukup untuk operasional, mohon solusi dari bapak agar siswa kami bisa belajar dengan tanpa dibebani administrasi Akte dan biaya yang tinggi. trima kasih.

Jawab :
- Untuk pelayanan pelaporan kelahiran Dispenduk dan Capil Kota Semarang melaksanakan sesuai dengan Perda No.2 Tahun 2013 dan sejak tanggal 1 Mei 2013 pelaporan kelahiran yang melampaui batas waktu 1 (satu) tahun pencatatannya tidak lagi memerlukan Penetapan Pengadilan Negeri.
- Namun sesuai dengan Peraturan Walikota Semarang No.3/2011 tanggal 1 Februari 2011 untuk pengurusan Akta Kelahiran yang terlambat lebih dari 60 hari kerja akan dikenakan biaya keterlambatan yaitu sbb :
 Pelaporan Kelahiran 61 hari s/d 5 tahun : Rp. 50.000,-
 Pelaporan Kelahiran 5 tahun lebih : Rp. 100.000,-
- Adapun bagi pemohon yang bisa menunjukkan Kartu Jamkesmas tidak dipungut biaya (GRATIS), tetapi harus mengurus sendiri.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Sylvia Ningrum (2013-07-14 15:18:13)

Pak, saya mau bertanya kalau akte lahir saya hilang, apakah saya bisa mendapatkan kutipan akte lahir lagi? Saya lahir di Semarang, tapi sekarang domisili di Tangerang, Banten. Apakah saya bisa mengurus akte lahir saya di Dispenduk Capil Tangerang atau harus di Semarang? Dan bagaimana prosedurnya?
Terima kasih sebelumnya.

Sylvia

Jawab :

Pengurusan Kutipan Akta Kelahiran harus sesuai dengan dimana Akta Kelahiran diterbitkan. Kalau Akta Kelahiran milik saudara yang hilang yang menerbitkan Disdukcapil Kota Semarang, maka untuk mengurus Kutipan Akta Kelahiran di Disdukcapil Kota Semarang.
Adapun persyaratannya :
• Fotokopi KK dan KTP
• Fotokopi Akta yang hilang
• Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
• Fotokopi Surat Nikah orangtua bila ada
• Mengisi formulir yang disediakan Dinas

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Andri Setyo Nugroho (2013-07-11 17:12:06)

Kepada Yth.
Kepala Dispendukcapil

Saya mau bertanya, syarat apa saja untuk membuat akta kelahiran, jika KTP dan KK saya dari daerah lain? saya berasal dari juwana...'
mohon bantuan'nya

terima kasih

salam sejahtera

Jawab :

Kalau Saudara lahir di Semarang berdomisili diluar Semarang, untuk pengurusan Akta Kelahiran saudara syarat-syaratnya sbb :
• Fotokopi KK dan KTP
• Surat Keterangan Kelahiran/DPP 5
• Fotokopi Ijasah
• Fotokopi Surat Nikah Orangtua
• Fotokopi Surat Nikah yang bersangkutan bila sudah menikah
• Mengisi formulir yang disediakan Dinas

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Rizka (2013-07-10 19:59:42)

Pak, saya mau bertanya. Saya dan suami KTP dan domisili di Semarang, namun anak saya lahir di Ungaran. Bisakah membuat akte kelahiran di dispenduk Semarang atau harus mengurus di dispenduk Kab. Semarang?

Jawab :

• Sesuai dengan UU RI No.23/2006 bahwa pembuatan Akta Kelahiran menganut Asas Peristiwa yaitu peristiwa dimana anak dilahirkan.
• Jadi untuk anak yang dilahirkan di Kabupaten Semarang harus didaftarkan di Disdukcapil Kabupaten Semarang meskipun domisili orangtuanya di Kota Semarang.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Vidi (2013-07-10 15:47:10)

Maaf Pak,sy mau tny?sy mau buat akte kelahiran untk anak sy dr istri yg ke 2 tetapi sy blm ada surat perceraian dr istri pertama,apa kah sy bs buat akte kelahiran ny pak?n ap sj persyrtn nya.mksh

Jawab :

• Saudara belum memiliki Akta Cerai dengan istri pertama, namun sudah memiliki anak di luar kawin dengan calon istri kedua. Untuk anak tersebut tetap dapat dibuatkan/diterbitkan Akta Kelahiran dengan tidak mencantumkan nama bapaknya, jadi yang tecantum dalam Akta Kelahiran hanya nama ibunya saja (karena anak diluar nikah).
• Syarat-syaratnya :
 Fotokopi KK dan KTP (anak sudah masuk di KK tanpa mencantumkan nama bapaknya).
 Asli Surat Kelahiran dari Rumah Sakit/Rumah Bersalin.
 Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
 Mengisi formulir yang disediakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Kamid (2013-07-03 10:31:20)

Pak saya Punya anak lahir bln April 2013, klo mau ngurus Pembuatan AKTA KELAHIRAN syaratnya apa aja dan Biayanya berapa ya pak...?


Trimakasih pak....

jawab :

Untuk persyaratan pembuatan akta Kelahiran dan biayanya dapat dilihat pada web ini pada menu produk layanan dan tarif.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Masnah Latulumamina (2013-07-03 06:07:42)

Saya ingin menghubungi dipendukcapil untuk menanyakan beberapa hal, tapi untuk mengisi formnya tidak bisa..
gimana caranya untuk mendapatkan pelayanan online?

Jawab :

Saudara dapat menghubungi di nomor (024) 67125634

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Laila Rizqi (2013-07-02 14:40:07)

pak sayA wanita berumur 23 thn saya ingin bt akte kelahiran karn saya belum pny pi saya takut karna biayaY Mahal sekali..karena kmrn ada tetangga sy yg bt hbs 2jt yg sy tnyakan apkh benar biayaY segt.???
dan apabila itu salah&ternyata; lebih murah gmn crY supaya saya tdk tertipu

Jawab :

- Untuk pengurusan Akta Kelahiran kami sarankan untuk mengurus sendiri, karena mulai 1 Mei 2013 Pelaporan Kelahiran yang melampaui batas waktu 1 (satu) tahun pencatatannya tidak lagi memerlukan Penetapan Pengadilan Negeri.
- Denda keterlambatan yang sudah diatur dalam Perwal No.3 Tahun 2011 tanggal 1 Februari 2011 :
a. Pelaporan Kelahiran 61 hari s/d 5 tahun : Rp. 50.000,-
b. Pelaporan Kelahiran 5 tahun lebih : Rp. 100.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Andriar (2013-07-02 11:34:39)

assalamualaikum ..
pak mau tanya
nama akta kelahiran : andriar mafazan rizkiansah
ijazah sd smp sma : andriar mafazan rizkianzah
yang mau saya tanya kan adalah bagaimana solusi untuk meyamakan nama tersebut pak?
sesuai akta dan dirubah ijazahnya atau merubah akta sesuai ijazah?

dan bagaimana cara merubahnya..?

terima kasih sebelumnya

wassalamualaikum..

Jawab :

Saran kami kalau terbitnya Akta Kelahiran lebih dulu dari ijasah, maka yang dirubah ijasahnya dengan minta Surat Keterangan dari Diknas, namun kalau yang terbit ijasah dulu maka yang dibetulkan adalah Akta Kelahirannya dimana Akta Kelahiran tersbut diterbitkan.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Liana (2013-07-02 01:25:17)

ass.
sy liana. sy tdk pnya akte kelahiran. ada na surat kelahran
skrg surat kelahiran sy hlng.
sy mw tnya bgmn cr mengurus surat klhrn mjd akte klhrn
syrt na ap sj??
trimaksih

Jawab :

- Pembuatan Akta Kelahiran berdasarkan UU No.23 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan Perda Kota Semarang No.2 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan menggunakan Asas Persitiwa yaitu dimana yang bersangkutan dilahirkan.
- Yang saudara tanyakan kalau kelahiran di Semarang, untuk proses pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Adapun syarat-syaratnya :
1. Fotokopi KK dan KTP.
2. Surat Kelahiran dari Rumah Sakit/Rumah Bersalin.
3. Surat Keterangan Kelahiran Asli dari Kelurahan.
4. Fotokopi Kutipan Akta Nikah Orangtua.
5. Fotokopi Ijasah.
6. Mengisi Formulir.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Maria Agnez (2013-07-01 02:45:13)

selamat siang,mohon infonya pak,,

akte kelahiran saya hilang, kalo saya urus lagi kira2 sampe berapa lama dan biayanya berapa ya pak?

terimaksih

Jawab :

Sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) untuk pembuatan Duplikat Akta yang hilang dapat diselesaikan ± 4 hari kerja dengan syarat-syarat sudah lengkap. Biayanya sebesar Rp.100.000,-

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Aris (2013-06-30 08:07:20)

Pak apakah saat ini ada peutihan akta kelahiran di wilayah pati ? Kapan dan diman tempatnya ?

Tolong adakan pemutihan akta kelahiran karna banyak warga disekitar saya yang umurnya lebih dari 20 th belum punya akta,sedangkan mau bikin akta mahal banget.
Saya tunggu jawabanya dialamat e-mail saya
bejat39saris@yahoo.com
terimakasih

Jawab :

Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang tidak ada pemutihan Akta Kelahiran, sedangkan untuk wilayah Pati kami tidak bisa menjawab pertanyaan Saudara. Coba saudara tanyakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pati.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Yoni Ardhani (2013-06-29 17:15:14)

Assalamualaikum..

Maaf saya mohon petunjuk bagaimana membuat E-KTP yg baru dikarenakan E-KTP ayah saya terjatuh dan hilang... Mohon petunjuk apa saja syarat2nya dan kira2 berapa biayanya..???

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuan bapak...

Jawab :

E-KTP yang hilang segera dilaporkan ke Kantor Kepolisian terdekat guna mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan sebagai syarat untuk membuat KTP Non Elektronik. Karena proses pencetakan E-KTP di Pusat (KEMENDAGRI) dan belum diserahkan pada masing-masing Kabupaten/Kota, sehingga yang E-KTP nya hilang sementara bila diperlukan untuk pengurusan surat-surat dapat membuat KTP Non Elektronik dilampiri Surat Keterangan dari Kelurahan bahwa yang bersangkutan sudah rekam data E-KTP.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Novida Aria Setiawan, Se (2013-06-28 06:47:49)

Aslkm .....
Pak saya mau bertanya mengenai E-KTP, saya sudah melakukan rekam data E-KTP akan tetapi sampai sekarang kok belum jadi juga. Adapun rekam data E-KTP saya ada di PRPP Semarang, menurut informasinya yang melakukan rekam data di PRPP Semarang E-KTP pada tidak jadi, apabenar demikian Pak.....kalau memang benar demikian penyebabnya apa dong.....mohon penyegarannya.
Terus langkah apa yang harus saya lakukan?
Mohon dapat di balas ke alamat email saya : novidaariasetiawan@gmail.com
Terimakasih.

Jawab :

Untuk warga masyarakat yang melaksanakan proses rekam data E-KTP di PRPP, tidak semua mengalami kegagalan pada proses transfer data. Untuk lebih jelasnya kami sarankan untuk menghubungi ke Kantor kami mengenai informasi hasil perekaman E-KTP yang dilaksanakan di PRPP tersebut.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Ratna Ayu Anggraini (2013-06-27 04:14:40)

Pak saya ingin bertanya..
teman saya akte kelahiranya ada kesalahan dalam tanggal lahirnya jadinya semua data di KTP , SIM dan lain-lain jadi salah semua, itu bagaimana prosedur dalam perubahanya ya, dan berapa lama...
Tapi dia kelahiranya di Kendal, masuk semarang juga atau beda lagi ya???saya gak ngerti soalnya??
Biaya berapa dan berapa lama untuk perubahan semuanya...
bales ke email saya
ayuratna101@gmail.com

Jawab :

Sesuai dengan UU No.23/2006 tentang Adminstrasi Kependudukan, bahwa pengurusan Akta-akta Pencatatan Sipil menganut Asas Peristiwa, untuk kelahiran yang Saudara tanyakan karena kelahirannya di Kendal dan Akta yang sudah terbit dari Kendal maka pengurusan Akta Kelahiran di Kendal. Adapun prosedur untuk perubahan Akta Kelahiran harus melalui Sidang Pengadilan Negeri didukung dengan data yang dapat digunakan untuk merubah Akta tersebut.
Thx

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang

Budi Kurniawan (2013-06-25 03:50:11)

saya belum melakukan rekam data e-ktp karena tidak mendapat surat dari rt/rw. saya tanyakan rt katanya langsung ke kecamatan saja membawa foto kopi ktp dan kk saja cukup. apa benar begitu? terima kasih

Jawab :

Saran dari RT saudara benar. Bagi yang belum rekam data E-KTP masih dapat dilayani di masing-masing Kecamatan dengan menunjukkan fotokopi/asli KTP atau KK.

Dijawab oleh : Dispendukcapil Kota Semarang