Berita

Semarang, 13 November 2024Pelaksanaan audit eksternal terhadap sistem manajemen keamanan informasi (ISO 27001:2022) yang dilaksanakan oleh Tim Audit Eksternal dari CBQA Global terhadap Tata Kelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang.

Audit yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut bertujuan untuk mengevaluasi apakah sistem yang diterapkan di Disdukcapil Kota Semarang sudah sesuai dengan standar internasional ISO 27001:2022, yang mengatur tentang pengelolaan keamanan informasi dalam organisasi.

Audit ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah sistem yang diterapkan di Disdukcapil Kota Semarang sudah sesuai dengan standar internasional ISO 27001:2022, yang mengatur tentang pengelolaan keamanan informasi dalam organisasi. ISO 27001:2022 merupakan standar internasional yang digunakan untuk menilai dan memastikan adanya sistem manajemen yang aman, terpercaya, dan terkelola dengan baik untuk melindungi data dan informasi sensitif.

Tim audit eksternal yang ditunjuk, yaitu CBQA Global, telah melakukan serangkaian pemeriksaan mendalam terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan tata kelola SIAK di Disdukcapil Kota Semarang. Dalam pelaksanaan audit ini, tim memeriksa kebijakan keamanan informasi, prosedur pengelolaan data, serta penerapan kontrol keamanan yang melibatkan seluruh aspek sistem administrasi kependudukan yang ada di Disdukcapil Kota Semarang.

Disdukcapil Kota Semarang, sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan data kependudukan, berharap audit eksternal ini dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap layanan yang diberikan, serta memastikan bahwa data pribadi warga kota Semarang selalu aman dan terlindungi dengan baik.

Sebagai informasi, setelah audit selesai, CBQA Global akan memberikan sertifikat ISO 27001:2022 apabila Disdukcapil Kota Semarang memenuhi seluruh kriteria yang telah ditetapkan. Hal ini tentunya akan semakin memperkuat posisi Disdukcapil sebagai lembaga yang mengutamakan transparansi, keamanan, dan pelayanan prima kepada masyarakat.